Menentukan awal ramadhan dengan melihat bulan disebut

Banyak orang yang tidak memahami cara untuk menentukan awal ramadhan dengan melihat bulan disebut Ru’yatul hilal

Ru’yatul hilal ini sebenarnya sering kali kita sebut dalam bahasa sehari-hari yaitu dengan bahasa Hilal, Artinya terlihat itu versi orang kampung.

Padahal Ru’yatul hilal itu sebenarnya metode untuk menentukan kapan dimulainya bulan ramadhan atau bulan puasa.

Memang kata Ru’yatul hilal agak sedikit tidak terbiasa ditelinga kita sebab itu adalah bahasa serapan dari bahasa arab, sama sekeperti Kata Baku Frekuensi yang ada dikosakata bahasa indonesia.

Pengertian

Ru’yatul hilal adalalah suatu proses mengamati atau melihat tanda datangnya bulan qamariah dan ini merupakan tanda awal datangnya bulan suci Ramadhan atau dengan kata lain penentuan awal ramadhan

Mengapa Hal ini menjadi penting?

Karena bulan suci ramadhan dalam ajaran Agama islam merupakan salah satu Rukun sahnya orang untuk memeluk agama islam, yaitu Rukun islam yang ketiga, Puasa di bulan ramadhan.

Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan atau bulan puasa merupakan bulan suci yang penuh keutamaan, karena dibulan ini merupakan bulan penuh Rahmat, bulan barokah bagi seluruh alam semesta.

didalam ajaran agama islam, bulan suci ramadhan merupakan bulan penuh ampunan dimana kegiatan Ibadah dilipat gandakan pahalanya.

Apa saja yang ada di bulan Ramadhan

Solat Sunah Taraweh, yang dilakukan hanya pada malam bulan Ramadhan yang waktu setalah melaksanakn Solat Isya’

Datangnya malam Lailatul Qodar yaitu malam lebih baik daripada seribu bulan, Siapa saja yang berdo’a pada malam itu maka semua hajatnya akan didengar oleh allah

Baca Juga  VPN iPhone

Allah SWT mengutus malaikat Jibril Untuk Turun kebumi yang mempunyai tugas menyelesaikan semua Doa para hamba yang berjumpa dengan malam itu

Turunnya Kitab suci Al-quran juga pada malam Rhomadhan, Itulah Kenapa pada 17 ramadhan biasanya umat islam melakukan Nuzul Qur’an.

Semua Rezeki berlimpah ruah, itu bisa dilihat pada sudup pandang makanan saja sangat banyak dirumah kita, dan itu jarang terjadi pada bulan-bulan sebelumnya

Riadoh menahan hawa nafsu, ini merupakan latihan umat islam untuk mengendalikan hawa nafsu, sehingga ketika selesai Bulan ini, Berhasil atau tidaknya ramadhan itu dilihat dari bulan setelahnya, Apakah masih rajin Sholatnya, Puasa Sunahnya dll

Nah dengan demikan jelas sangat penting Menentukan awal ramadhan dengan melihat bulan disebut Ru’yatul hilal tersebut.

Metode Hisab

Hal ini bisanya digunakan oleh Muhammadiyah yaitu organisasi islam diindonesia, Metode ini dengan melakukan perhitungan Ilmu Perbintangan, Tentu cara ini membutuhkan ilmu khusus dalam melakukannya.

Dan dulu pada masa Masa kerajaan yunani metode Hisab ini dikenal dengan nama Ilmu Astronomi yaitu ilmu perhitungan tentang Per bintangan.

Kesimpulan

Penentuan puasa awal ramadan ditentukan melaluiRu’yatul hilal, Dengan begitu Ru’yatul hilal sengat penting bagi umat islam,

Karena ini menjadi acuan utama dalam menentukan datangnya bulan ramadhan, Walaupun pada pelaksanaannya terkadang Ada keselisihan paham dalam perakteknya.

Jadi pemerintah bertanggung jawab penuh atas prosesnya Ru’yatul hilal, sehingga dapat memutuskan kapan terjadi Ru’yatul hilal ini.

hal ini berhungan dengan datangnya Hari Raya Idul Fitri sehingga di Indonesia Majlis Ulama Sepakat untuk menentukan Proses ini bersama-sama

Tetapi terkadang ada saja sekelompok orang yang mempunyai kepercayaan sendiri dalam mengambil sikap khususnya masalah Ru’yatul hilal.

Baca Juga  Mimpi Gigi Copot

Menurut Penulis, Ru’yatul hilal itu merupakan acuan, Kita sebagai umat muslim sedah selayaknya untuk mentaati peraturan pemerintah yang sudah ada tuntunannya.

Mentaati Ulil Amri merupakan Suatu Kewajiban umat islam.