Contoh Kerangka Berpikir Penelitian Kualitatif

Sumatera deadline – Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang makna dan Contoh Kerangka Berpikir Penelitian Kualitatif untuk membuat rancangan Suatu penelitian dan pembuatan Tugas akhir, Skripsi, tesis dan jurnal Nasional.

Pada dasarnya Kerangka Berfikir dalam membuat suatu penelitian haruslah menentukan aspek apa saja yang akan di teliti mulai dari mana dan sampai kemana, sehingga penelitian kita akan mengarah dan menjurus pada judul yang sudah di tentukan.

Kerangka Berfikir

Contoh Kerangka Berpikir Penelitian Kualitatif

Kerangka berfikir merupakan landasan Toeri yang akan di gunakan untuk menjadi bahan dasar pengambilan literatur yang terstruktur sehingga akan diakui kebenaran dan keabsahan dari sebuah studi kasus yang sedang kita lakukan.

Landasan Teori

Landasan Teori di ambil dari rujukan buku dan literatur lainnya untuk menunjang dari sebuah penelitian, sehingga penelitian itu mengacu pada teori-teori yang sudah ada. jika tanpa adanya teori yang mendukung, maka Penelitian tersebut dianggap sah.

Mengutip dari buku-buku yang sudah dilakukan oleh penelitian sebelumnya memang sudah menjadi aturan main dalam membuat sebuah penelitian, karena penelitian itu sendiri sebenarnya mengungkap sebuah pakta atau data yang akan dicarikan pemecahannya.

Baca Juga : Teks Yang Menjelaskan Peristiwa Ilmiah dan Sosial Disebut

Kerangka Berfikir Penelitian

Kerangka Berfikir dari sebuah penelitan adalah batasan-batasan yang akan kita ambil dalam sebuah penelitian, sehingga penelitian itu tidak meluas dan panjang lebar, karena itu akan merusak rincian yang akan di pecahkan

Hal ini akan sangat mempengaruhi sekali dalam bidang penelitian sebab kerangka berfikir akan menjadi landasan utama untuk menentukan upaya apasaja yang akan kita lakukan dalam membuat sebuah penelitian

Baca Juga  Teks Yang Menjelaskan Peristiwa Ilmiah dan Sosial Disebut

Misalkan, Anda sedang membuat sebuah Skripsi dengan tema “Sistem keamanan sistem” berarti anda harus tau dulu masalah apasaja yang ada, Sehingga anda mudah dalam melakukan Penelitian.

Sistem Keamanan Kompter merupakan jaringan Firewall yang menjadi Tembok api sebuah sistem, sehingga di landasan teori anda anda harus memasukkan Literatur Tentang Firewall dan dalam kerangka berfikir anda harus mengarahkan Semua teori-teori tersebut kedalam sebuah jaringan keamanan sistem yang sedang anda teliti.

Kualitatif

Mengutif dari Modul rancangan Penelitian tahun 2009, Kualitatif adalah sebuah Metode untuk mengumpulkan data baik berupa Deskriptip Visual atau dengan melakukan wawancara sehingga anda akan mendapatkan data yang anda perlukan untuk keperluan sebuah penelitian.

Angket

Jika anda melakukan Penelitian Kualitatif berarti anda harus menyiapkan daftar pertanyaan yang kemudian itu disebut dengan angket atau Quisioner yang nantinya akan adan sebar untuk mendapatkan data tertentu, misalnya untuk mengatahui jumlah yang ingin anda bandingkan hasil datanya.

Wawancara

Sebuah Metode tanya jawab terkait penelitian kepada orang-orang yang anda anggap terlibat dalam judul penelitian anda, untuk mencari data untuk menguatkan dari hasil penelitian anda.

Biasanya orang melakukan penelitian dengan menggunakan Metode Kualitati ini untuk menganalisa Pristiwa atau Fenomena yang terjadi seperti Dinamika Sosial, Kepribadian, atau mungkin Persepsi sebagian orang terhadap Peristiwa yang terjadi.

Jadi Tugas anda adalah mengumpulkan asumsi-asumsi orang yang akan anda pilih untuk diajak berdiskusi atau Wawancara, Setelah anda mendapatkan asumsi-asumsi kelompok atau golongan tersebut langkah selanjutnya adalah anda mulai menafsirkan atau memfilterisasi asumsi yang sering terjadi atau dengan katalain Asumsi yang menjadi kecendrungan kebanyakan orang.

Objeck dari penelitian dengan menggunakan metode ini meliputi semua aspek yang terkait, semua itu untuk bahan anda untuk menarik kesimpulan seperti apa Kesimpulan dari sebuah penelitian tersebut.

Baca Juga  Pengertian Uji Validitas dan Reliabilitas Menurut Para Ahli

Ciri-ciri penelitian Kualititatif

Contoh Kerangka Berpikir Penelitian Kualitatif

Tahapan Analisis

Akhir Kata

Metode dengan Kerangka Berpikir Penelitian Kualitatif ini sangat layak untuk dilakukan sebab pengerjaanya lebih mudah karena anda bisa melibatkan semua aspek dan golongan, sehingga anda akan mudah untuk menjalani sebuah penelitian.

Inilah sedikit gambaran dan Contoh Kerangka Berpikir Penelitian Kualitatif yang bisa saja jelaskan semoga ada manfaatnya.