Beranda Kriminal Narkoba Amankan 13 Kg Sabu dan 20 Ribu Butir Ineks, Kapolresta Palembang Bakal...

Amankan 13 Kg Sabu dan 20 Ribu Butir Ineks, Kapolresta Palembang Bakal Tindak Tegas Pengedar Narkoba

PALEMBANG,– Sumsel hingga sekarang masih menjadi jalur empuk untuk transit Narkotika, baik lewat jalur darat maupun lewat perairan. Hal itu diungkapkan Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli, saat gelar press conference ungkap kasus tindak pidana Narkotika jenis Sabu-sabu di aula Mapolresta Palembang, pada Rabu (31/7) siang.

Dalam Konfre tersebut terungkap jika, pihak kepolisian berhasil mengamankan sebanyak 13 Kg Sabu-sabu dan 20.000 pil Ekstasi. selain barang bukti tersebut, petugas juga berhasil mengamankan dua orang tersangka.

2 orang pelaku yang diduga sebagai bandar tersebut bernama Nazarudin (46) dan Haryanto (42) warga jalan Psi Lautan lorong Merdeka Kelurahan 35 Ilir Kecamatan IB II Palembang.

Berdasarkan data yang dihimpun, Tindak pidana Narkotika jenis Sabu dan Pil Ekstasi tersebut, berhasil diungkap oleh unit 1 anggota kepolisian Satres Narkoba Polresta Palembang, pimpinan Ipda Dian Idaman, pada Selasa (30/7) sekitar pukul 06.30 WIB, di jalan Psi Lautan lorong Merdeka Kelurahan 35 Ilir Kecamatan IB II Palembang.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli, didampingi Kapolresta Palembang, Kombes Pol Didi Hayamansyah, dan Kasat Narkoba Kompol Ahmad Akbar, mengatakan Palembang ternyata bukan hanya tempat transit Narkotika, Tapi ternyata kota Palembang juga menjadi tempat peredaran Narkotika tersesat di Indonesia.

“Tentunya ini sangat kita sayangkan dengan bukti penangkapan Narkotika dalam jumlah besar ini. Kedua pelaku ini sendiri membawa barang haram itu dari Medan untuk di edarkan di kota Palembang dan Lampung. Pelaku N dan H statusnya bandar atau kurir masih kita kembangkan. Tapi mereka inilah yang akan mengedarkan Narkotika ke Palembang,” ungkap Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli.

Ditempat yang sama, Kapolresta Palembang, Kombes Pol Didi Hayamansyah menegaskan jika pihak kepolisian akan melakukan tindakan tegas bagi para pengedar narkoba yang melawan petugas saat akan ditangkap.

Bahkan, jika pelaku bandar narkoba melakukan perlawanan dengan senjata apai, maka pihak kepolisian tak segan-segan untuk mengirim pengedar barang tersebut ke alam baka.

“Alhamdulillah kedua pelaku ini saat ditangkap tidak melawan, mereka sopan dan tidak memiliki senjata api, kalau mereka memiliki pastinya lebih cepat kita kirim ke “Alam Baka”, dan rilis ungkap kasusnya kami pastikan di depan kamar jenazah Rs Bhayangkara Polda Sumsel,” tegasnya.

Sedangkan, Kasatres Narkoba Polresta Palembang, Kompol Ahmad Akbar mengungkapkan peredaran Narkoba di Palembang rentan terjadi di jalur darat.

“Narkotika tersebut masih terbungkus rapi, disamarkan dalam bungkus teh bubuk. Itulah motif yang berhasil membawah Narkotika itu lolos ke Palembang dengan berpura-pura membawa bubuk teh dalam paketan karung putih. Tidak hanya Palembang Narkotika tersebut juga ternyata akan di sebarkan ke Lampung juga,” tutupnya. (Cdr)