Beranda Pendidikan Lakukan MoU Dengan Kopertais Wilayah VII Sumbagsel, 56 PTKIS Di Dorong Maju

Lakukan MoU Dengan Kopertais Wilayah VII Sumbagsel, 56 PTKIS Di Dorong Maju

Ketua Kopertais Wilayah VII Sumbagsel, Muhammad Sirozi yang juga Rektor UIN Raden Fatah saat foto bersama seluruh PTKIS Sumbagsel

PALEMBANG,  —   Sebanyak 56 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di kawasan Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan Koordinator Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah VII Sumbagsel.

Hal ini dilalukan guna mendorong kampus keagmaan yang berada di kawasan Sumbangsel agar ikut terlibat dalam kerjsama internasional.

Ketua Kopertais Wilayah VII Sumbagsel, Muhammad Sirozi mengatakan, kerjasama internasiol saat ini belum tersentuh oleh PTKIS. Pihaknya ingin kampus keagamaan bisa terlibat secara langsung berbagai kegiatan internasional.

“Salah satu upaya yang dilakukan dengan melakukan kerjsama dengan kampus negara lainnya,” ungkapnya uasai acara MoU dan pelantikan Forum Pimpinan PTKIS di aula lantai 3 gedung Rektorat UIN Raden Fatah Palembang, Rabu (30/01).

- BACA JUGA  Tahun Ini, Soal USBN Dibuat Oleh Guru MGMP

Menurut Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, selain kerjasama internasional masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) yang harus diselesaikan PTKIS di wilayah Sumbangsel, seperti masalah perbaikan Sumber Daya Manuasi (SDM), masalah keuangan, fasilitas gedung dan lain sebagainya.

“PTKIS yang masih berstatus sekolah tinggi kita dorong agar meningkatkan statusnya menjadi Institut, salahnya satunya mereka tidak kuliah di gedung sewaan,” terangnya.

Lanjutnya, saat ini ada 56 PTKIS di wilayah Kopertasi Wilayah VII Sumbangsel. Dari jumlah total tersebut baru ada 5 PTKIS yang berstatus Institut Agama Islam Swasta.

- BACA JUGA  Ahmansyah: Pembangunan Poltekpar Merupakan Yang Tercepat Didunia

 “Menjadikan sekolah tinggi menuju institut menjadi tugas kita bersama kedepannya,” ujarnya lagi kepada sumatera deadline.

Sementara itu, Ketua terpilih Forum PTKIS Sumbangsel, Taufik mengaku, salah satu program yang dicanangkan kedepan adalah mendorong PTKIS melakukan kerjaasama internasional untuk meningkatkan kualitas kampus Keagamaan Islam.

“Upaya ini sudah ada, nanti kita akn bentuk korrdinasi bersama PTKIS terkait agar terdorong melakukan kerjsama antar PTKIS ataupun dengan kampus ternama lainnya hingga kampus di luar negeri,” tutupnya. (Elsa)