Beranda Kriminal Pelaku Pemalsuan Surat Tanah Berhasil Diringkus

Pelaku Pemalsuan Surat Tanah Berhasil Diringkus

PALEMBANG– Mengaku bisa menguruskan pembuatan dokumen surat tanah, Kolbi (44), warga Palembang memperdaya korbannya Darmawi (49). Akibat perbuatan yang dilakukan tersangka, korban mengalami kerugian hingga Rp 102 Juta.

Kasatreskrim Polrestabes Palembang Kompol Yon Edi Winara kepada wartawan, Rabu (30/10) menerangkan jika terungkapnya kasus dokumne tanah palsu ini berawal dari laporan korban Darmawi yang mengaku sertifikat tanah miliknya diduga palsu.

Mendapat laporan tersebut, Unit Harta dan Benda (Harda) kemudian melakukan kerjasama dengan pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) kota Palembang untuk menyelidiki kasus tersebut dan didapatlah nama tersangka Kolbi. Petugas pun akhirnya meringkus tersangka.

- BACA JUGA  JSC Pilihan Tepat Keluarga Bersantai dan Tumbuhkan Bakat Anak

“Dari tangan tersangka Kolbi ini, kita berhasil menemukan barang bukti berupa sepuluh lembar sertifikat tanah lainnya yang diduga palsu. Modus yang dilakukan tersangka ini dengan cara mendekati korban dan meawarkan jasa untuk pembuatan sertifikat tanah” ungkap Kompol Edi.

Menurut Kompol Yon Edi, pelaku bergerak sendiri dalam melakukan aksinya, namun hingga saat ini pihaknya terus melakukan pemeriksaan terhadap pelaku apakah ada orang lain yang turut membantu dalam melancarkan aksinya. “Untuk sementara, tersangka ini pelaku tunggal Tersangka diancam dengan Pasal 378 KUHP tentang penipu dengan ancaman pidana penjara di atas empat tahun” pungkas Edi.

- BACA JUGA  Susunan Pengibar Bendera Merah Putih

Sementara, Kepala Seksi Hubungan Pertanahan BPN Kota Palembang, Ahmad Zainul mengaku sangat berterima kasih pada pihak kepolisian yang telah berhasil mengungkap kasus pembuatan sertifikat tanah palsu ini. “Kita siap untuk membantu pihak kepolisian termasuk membongkar kemungkinan adanya pelaku-pelaku lain yang terlibat dalam aksi pemalsuan dokumen kepemilikan tanah”tutupnya. (Red)