Beranda Ruang Sidang Narkoba Miliki 0,035 Gram Sabu, Divonis 6 Tahun Penjara

Miliki 0,035 Gram Sabu, Divonis 6 Tahun Penjara

PALEMBANG,  —  Karena terbukti menyimpan narkoba jenis sabu-sabu seberat 0,035 gram, Muhammad Fanani (45) warga Jalan Moyor Zen Lorong Iwari Kelurahan Sei Selincah Kecamatan Kalidoni Palembang divonis 6 Tahun penjara denda Sebesar Rp 800 juta subsider 6 bulan penjara.

Hal ini terungkap dipersidangan Pengadilan Negeri Palembang Selasa (30/10) yang dipimpin Majelis Hakim Abu Hanifa SH.

Dalam amar putusannya, Majelis Hakim menyatakan jika terdakwa terbukti bersalah menguasai, memiliki narkotika golongan 1 jenis sabu tanpa hak sebagaimana dalam dakwaan pasal 112(1) UU No 35 Tahun 2009 tentang pemberantasan Tindak Pidana Narkotika.

“Berdasarkan keterangan para saksi dari polsek kalidoni yang melakukan Razia, dimana ketika itu terdakwa pada 19 mei 2018 sekitar pukul 15.30 baru keluar dari lorong Sukareme Jalan Mayor Zen Palembang. Karena gerak geriknya mencurigakan terdakwa dilakukan penggeledahan oleh tim dan temukan satu paket sabu dengan berat 0,035 gram dan diakui terdakwa miliknya. Sehingga barang bukti sabu dan sepeda motor diakui oleh terdakwa” ujar Majelis Hakim.

- BACA JUGA  Iskandar Dijatuhi Hukuman 3 Tahun Penjara

Berdasarkan fakta-fakta tersebut, lanjut Majelis Hakim, terdakwa tidak membantah dan membenarkan apa yang sudah disampaikan oleh para saksi sehingga unsur dakwaan pasal 112 (1) UU No 35/2009 Telah terpenuhi.

“Maka kami berkeyakinan terdakwa telah terbukti bersalah memiliki, menyimpan, menguasai satu paket sabu sehingga terdakwa dijatuhi hukuman pidana selama 6 tahun dan denda sebesar delapan ratus juta rupiah subsider enam bulan penjara,”terang ketua majelis dihadapan JPU Ita Royani dan terdakwa.

Selanjutnya ketua majelis dalam putusannya juga memerintah kepada JPU agar barang bukti sabu dengan berat 0,035 gram dirampas oleh negara untuk dimusnahkan sedangkan satu Unit sepeda motor Mio Warna Merah dikembalikan kepada pemiliknya.

- BACA JUGA  Dijawab Tiga Hari Yang Lalu Memakai Sabu, Penasehat Hukum Muhammad Sarbini Bingung

“Atas vonis yang kami jatuhkan ini, baik terdakwa maupun jaksa kami berikan waktu satu minggu untuk menyatakan sikap menolak atau menerima ,”ujar ketua majelis sambil menutup sidang dengan mengetokan palu.

Pengacara Terdakwa Abdurrahman Ralibi SH, usai persidangan mengatakan, jika kliennya menerima keputusan Majelis Hakim tersebut. “Terdakwa dan keluarganya menerima keputusan tersebut, maka kami selaku kuasa hukum juga tak bisa menolak” ungkapnya. (Rah)