Beranda Kriminal Ditpolair Polda Sumsel Ringkus Perompak Tugboat Leo Power

Ditpolair Polda Sumsel Ringkus Perompak Tugboat Leo Power

PALEMBANG  —  Jajaran Direktorat Polisi air (Ditpolair) Polda Sumsel, berhasil meringkus Satu dari enam pelaku perompakan yang sering beraksi di perairan Sungai Musi. Kamis (24/5)

Pelaku diketahui bernama Joenedi alias Joe (30) yang terlibat aksi perompakan bersaama dengan lima orang rekannya yang kini masuk dalam Daftar Pencarian Orang  (DPO). Para pelaku ini melakukan perompakan terhadap tugboat Leo Power dengan nomor lambung 2207 di Sungai Musi kawasan Muara Banyuasin, Kecamatan Banyuasin II, Banyuasin pada 10 Februari 2016 silam.

Direktur Polair Polda Sumsel Kombes Pol Imam Thabroni melalui Wadir Polair AKBP Bekti Darmanto mengatakan pelaku perompakan ini berjumlah enam orang, namun baru satu pelaku yang berhasil ditangkap.

Sedangkan untuk Modus yang digunakan pelaku yakni dengan cara mendekati tugboat sedang lego jangkar pada malam hari, para pelaku datang dengan menggunakan speedboat lalu menaiki tugboat salah satu pelaku masih nunggu di speedboat sedangkan lima rekan nya melakukan aksi.

- BACA JUGA  Dapati Anaknya Sudah Disunat, Ani Kaget

“Dengan menggunakan senjata tajam dan senjata api mainan para pelaku menodong seluruh korban yang ada di Tugboat lalu merampas barang berharga dan uang bahkan sertifikat pelayaran milik korban turut diambil oleh pelaku,”katanya saat gelar perkara, Senin (28/5/).

Dari tangan tersangka, polisi menyita beberapa barang bukti berupa speed boat 40 PK “Dua Saudara”, dua pisau berikut sarung, serta korek api berbentuk senjata api mainan. Lalu tiga butir amunisi senjata api rakitan berwarna silver dan satu buah kompas.

“Para pelaku sangat sadis dalam beraksi bahkan korban nya tidak segan dilukai apa bila melakukan perlawanan. Para pelaku ini tidak hanya disatu tempat melakukan perompakan melainkan ditempat yang para pelaku juga pernah melakukan aksi serupa,”bebernya.

- BACA JUGA  Saat Di Kamar Mandi, Niko Dirampok Teman Sendiri

Sementara itu, tersangka Joe mengaku, saat beraksi tugasnya hanya membawa Speedboat sedangkan yang melakukan aksi perompakan adalah teman teman nya. Pada saat teman teman nya beraksi dirinya menunggu di Speedboat.

“Kami memang masing-masing membawa senjata tajam, saat itu ada temen yang membawa senjata api mainan itu pun hanya untuk menakut nakuti korban saja,”jelas warga Desa Bunga Karang PU, RT 4, Kecamatan Tanjung Lago, Banyuasin ini.(And)