Beranda BULOG 36 Ribu KPM Segera Terima Bansos Rastra

36 Ribu KPM Segera Terima Bansos Rastra

Jpeg

 

PALEMBANG,   —   Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) untuk tahun 2019 akan segera disalurkan dalam waktu dekat. Bulog Divre Sumatera Selatan (Sumsel) menyatakan telah menerima instruksi dari Kementerian Sosial untuk segera menyalurkan bantuan beras bagi warga miskin di pekan pekan depan.

Kepala Perum Bulog Divisi Regional Sumsel Babel, M Yusuf Salahuddin, mengatakan, sebanyak 3.600 ton beras jenis medium akan didistribusikan kepada 36.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berada di Sumsel dan Bangka Belitung.

Dijelaskan Yusuf, berdasarkan penugasan pemerintah Bulog akan menyalurkan rastra untuk alokasi Januari hingga April 2019. Untuk tahap awal, masing-masing KPM akan menerima bantuan rastra sebanyak 20 kg beras untuk jatah penyaluran bulan Januari dan Februari.

“Masing-masing KPM mendapatkan 10 kilogram. Pada penyaluran pertama dilakukan percepatan dimana beras akan disalurkan langsung sekaligus untuk dua bulan,” ucap Yusuf saat diwawancarai diruang kerjanya, Selasa (29/1).

Tidak hanya untuk membantu masyarakat miskin, penyaluran bansos rastra juga diharapkan dapat turut menjaga stabilisasi harga beras di tingkat konsumen sebagai dampak dari berkurangnya permintaan beras yang ada dipasaran.

“KPM penerima beras tentunya akan mengurangi serapan konsumsi beras ke pasar, tentunya ini akan memberikan andil untuk pengendalian harga,” terangnya.

Disisi lain, Bulog mengaku terus melakukan upaya stabilisasi ketersediaan pasokan dan harga beras. Dalam waktu sekitar satu bulan terakhir sebanyak 380 ton beras medium telah digelontorkan untuk mengantisipasi terjadinya gejolak harga beras.

“Dibeberapa daerah sudah mulai panen, kondisi ini akan turut menjaga kestabilan ketersediaan stok dan harga beras. Cadangan beras yang ada di gudang Bulog saat ini sekitar 25 ribu ton dan itu lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Sumsel dan Babel,” tutupnya. (Dee)