Beranda kodam II/ Sriwijaya Korem Gapo 044 Ratusan Prajurit Korem 044/Gapo Ikuti Latgulbencal

Ratusan Prajurit Korem 044/Gapo Ikuti Latgulbencal

PALEMBANG,   —   Pelaksanaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal) yang dilaksanakan Korem 044/Gapo memasuki hari kedua. Di hari kedua ini, para prajurit TNI mendapat pembekalan dan pemantapan materi dari BPBD Sumsel dan Basarnas Palembang.

Pembekalan diawali penyampaian materi Basic First Aid atau Pertolongan pertama tingkat dasar yang disampaikan oleh pihak Basarnas Palembang dilanjutkan meteri peran Pemerintah dalam penanggualangan bencana oleh BPBD Sumsel.

Kegiatan latihan yang diikuti oleh ratusan prajurit dari jajaran Korem 044/Gapo ini, setelah menerima pembekalan materi secara teori dari BPBD Sumsel dan Basarnas Palembang, dilanjutkan pengenalan dan praktek tata cara operasional alat perlengkapan yang digunakan dalam penanggulangan bencana banjir, seperti perahu karet dan mesin perahu, praktek tenda lapangan, water treatment portable, mobil dapur lapangan, dan perlengkapan lainnya.

- BACA JUGA  Tour de Palembang-Bangka Banyak Tarik Minat Masyarakat

Kepala Seksi Operasi Korem 044/Gapo, Letkol Inf Andik Siswanto, mengatakan, latihan tersebut bertujuan meningkatkan sinergitas hubungan kerja antara TNI AD khususnya Korem 044/Gapo dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait dalam melaksanakan operasi bantuan melalui Pola Operasi Militer Selain Perang sesuai dengan Undang-Undang RI No. 34 Tahun 2004.

“Korem 044/Gapo sebagai Satuan Komando Kewilayahan mempunyai tugas membantu Pemerintah Daerah dalam menangani bencana alam. Seperti dalam Latgulbencal banjir ini pula, seluruh unsur-unsur yang terlibat, diharapkan mampu melaksanakan komando pengendalian dan kerjasama antar unsur yang terlibat di dalam operasi penanggulangan bencana alam banjir ini,” singkatnya di Kantor BPBD Sumsel, Rabu (28/11).(Dee)