Beranda Nasional Aceh Gubernur Aceh Lantik Walikota Langsa

Gubernur Aceh Lantik Walikota Langsa

 

BANDA ACEH  —  Walikota/Wakil Walikota Langsa periode 2017-2022 dilantik oleh Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, di hadapan  sidang paripurna istimewa DPR Kota Langsa, Senin (28/8) Walikota dan Walikota yang dilantik yaitu Teungku Usman Abdullah, SE dan Drs. Marzuki Hamid, MM.

Acara yang dihadiri ribuan tamu undangan serta seluruh lapisan masyarakat Kota Langsa ini, digelar di Gedung Wisma Binawarga PTPN-1 (Persero), Jl. Kebun Baru, Kota Langsa dengan pengamanan yang cukup ketat baik dari TNI maupun POLRI.

Gubernur Irwandi menyampaikan bahwa, pelantikan walikota/wakil walikota yang dilaksanakan hari ini merupakan periode kedua berturut-turut bagi Saudara Usman Abdullah dan Saudara Marzuki Hamid memimpin Kota Langsa.

Berkenaan dengan hal itu, saya atas nama pribadi maupun sebagai Kepala Pemerintahan Aceh mengucapkan “Selamat” atas pelantikan ini. Semoga saudara berdua menjadi pemimpin yang lebih amanah dan bijaksana dalam menjalankan tugas dan kewajiban selama lima tahun ke depan.

Irwandi mengharapkan agar program, visi dan misi yang diusung, dapat seiring sejalan dengan Visi dan Misi Pemerintah Aceh. Program-program yang dituangkan dalam RPJM Aceh, dan akan menjadi acuan dalam penyelenggaraan pembangunan di Aceh untuk lima tahun ke depan. Menurut ketentuan, Penyusunan dokumen RPJM di Kota Langsa, juga harus mengacu kepada RPJM Aceh dan RPJM Nasional.

Sejalan dengan harapan tersebut, Irwandi berpesan pada pejabat yang baru dilantik agar senantiasa memperhatikan sektor perkebunan dan perikanan, mengingat hasil perkebunan dan perikanan kota Langsa cukup melimpah.

“Dari sektor perkebunan misalnya, kota ini dikenal memiliki lahan perkebunan sawit, kakao dan karet yang cukup luas. Sedangkan dari sektor perikanan, Langsa dikenal sebagai kawasan perairan dengan hasil ikan cukup berlimpah. Semua potensi ini harus dapat dioptimalkan oleh Saudara Usman Abdullah dan saudara Marzuki Hamid”, ungkap Irwandi.

Selain itu,Ungkap Irwandi,  Langsa juga merupakan salah satu kota pendidikan di Aceh. Di kota Langsa terdapat dua perguruan tinggi negeri yang sedang giat-giatnya meningkatkan kualitasnya, yaitu Universitas Samudera Langsa dan IAIN Zawiyah Cot Kala.

Meski pengelolaan perguruan tinggi  merupakan kewenangan Pemerintah Pusat, namun dukungan dan penguatan dari Pemerintah Kota Langsa mutlak sangat dibutuhkan. Karena itu Pemerinta kota Langsa kiranya bisa memberi perhatian khusus kepada kedua perguruan tersebut.

Di akhir sambutanya, Irwandi berharap agar Pemko Langsan terus melengkapi fasilitas, sarana dan prasarana kesehatan yang memadai, sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat dapat ditingkatkan.

Seluruh prosesi pelantikan pengambilan sumpah dan serah terima jabatan berlangsung dengan lancar dan khidmat, dan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada Teungku Usman Abdullah, SE dan Drs. Marzuki Hamid, MM, beserta istri oleh segenap tamu undangan yang hadir. (doel)