Beranda Kriminal Melawan Petugas, Pelaku Pencurian Ponsel Dihadiahi Timah Panas

Melawan Petugas, Pelaku Pencurian Ponsel Dihadiahi Timah Panas

PALEMBANG,– Tak butuh waktu lama, hanya berselang empat jam usai melancarkan aksinya mencuri ponsel di rumah korbannya, KA Rahman (50). Akhirnya pelaku pencurian bernama Yosep Wijaya (28), berhasil diringkus oleh tim Tiger Pidana Umum (Pidum), Satreskrim Polrestabes Palembang, di Jalan Kapten Cek Syech Lorong Masjid Kelurahan Bukit Kecil Kecamatan Bukit Kecil Palembang, pada Rabu (25/3/2020) malam.
Pelaku pun terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas tim Tiger, lantaran pada saat penangkapan pelaku hendak kabur dan melawan petugas.
Kasat Reskrim Polrestabes Palembang, AKBP Nuryono, melalu Kasubnit Pidum, Ipda Andrian, saat diwawancarai mengatakan modus yang dilakukan pelaku berawal saat korban tertidur, pada hari Rabu (25/3/2020) sekitar pukul 04.15 WIB, dan lewat dari kaca nako, pelaku mencuri satu unit ponsel merk Oppo A3s yang saat itu berada diatas meja ruang tamu korban.
“Melihat ponselnya akan dicuri, lantas korban langsung memegang tangan pelaku dan sempat terjadi tarik menarik hingga membuat kaca nako pecah. Sebelum akhirnya pelaku berhasil kabur membawa HP milik korban,” ungkap Andrian.
Usai kejadian tersebut, lanjut Andrian, korban pun langsung membuat laporan kepolisian di SPKT Polrestabes Palembang.
“Dari laporan tersebut, tim Tiger unit Pidum langsung menindaklanjuti perkara tersebut dengan melakukan penyelidikan dan penyidikan, hingga berhasil meringkus tersangka. Dari pengakuan tersangka, dia beraksi bersama seorang temannya inisial R (DPO) yang masih dalam pengejaran anggota kita. Pelaku ditindak tegas karena berupaya kabur saat akan ditangkap di kediamannya,” tegasnya.
Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan (curat). “Ancaman hukumannya di atas 7 tahun penjara,” tutup Ipda Andrean. (Cdr)