Beranda Kriminal Polsek Gandus Ringkus Pelaku Pencurian Sapi

Polsek Gandus Ringkus Pelaku Pencurian Sapi

 

PALEMBANG,    —   Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Gandus berhasil meringkus satu pelaku pencurian sapi yang kerap meresahkan warga. Pelaku adalah Yosep Gesan Ulun (31)  Warga Jalan Mataram Lorong Bukit Perak Kelurahan Kemas Rindo Kecamatan Kertapati Palembang.

Kapolsek Gandus AKP Aidil Fitriansyah Melalui Kanit Reskrim Ipda Naibaho mengatakan, aksi pencurian sapi yang dilakukan tersangka Yosef bersama dua orang temannya ini terjadi pada Minggu (17/3) lalu.

Dimana saat itu, pelaku dan komplotannya mencuri dua ekor sapi betina di Jalan Talang  Kemang Kelurahan Gandus Kecamatan Gandus Palembang.

Namun, tanpa diketahui oleh para pelaku, sapi yang dicuri tersebut ternyata dipasangi GPS oleh pemiliknya. “Jadi korban sering kehilangan sapi. Maka korban berinisiatif untuk memberi GPS pada sapi. Kemudian pada hari kejadian korban melihat mereka sedang berkasi, sehingga korban  langsung ke Mapolsek untuk minta pelakunya ditangkap,” Ujar Naibaho. Selasa (26/3)

Menurut Naibaho, Setelah dilakukan pengecekan posisi,  para pelaku sudah mengarah ke arah Polda. Petugas pun kemudian langsung melakukan pengejaran dan didapatilah pelaku Yosef di salah satu rumah yang ada di samping jembatan Musi IV Palembang.

” Pelaku Yosef ini kita ringkus di salah satu rumah yang ada di Kawasan IT II tepatnya di samping Musi IV saat tengah memotong sapi hasil curiannya” jelas Naibaho

Dikatakan Naibaho, untuk modus operandi yang dilakukan kawanan ini, mereka mencari sapi yang gemuk kemudian mereka kasih makan cempedak yang sebelumnya telah dicampuri putas. Saat sapi pingsan barulah mereka melancarkan aksinya.

Sementara tersangka Yosep berkilah jika dirinya terlibat aksi pencurian Sapi. Dirinya hanya menghantar saja dengan upah Rp 1 juta. Yang mana Adit dan Jalil (DPO) yang beraksi melakukan pencurian. “Saya hanya di catar oleh mereka. Saya di beri satu juta,” kilahnya.

Apapun alasannya, Pria yang berprofesi penjual arang itu dikenakan pasal 363 ayat 1 dan 3 dengan ancaman 7 tahun penjara. Diketahui, selain meringkus tersangka, petugas juga menyita sejumlah barang bukti seperti tali, cempedak, golok, dan Satu Mobil Suzuki Pic Up warna Hitam dengan Nopol BG 9255 NI yang digunakan paea tersangka mengangkut sapi. (Rian)