Beranda Palembang Pemprov akan mempangkas PNS

Pemprov akan mempangkas PNS

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan segera mengajukan jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tersebar di seluruh kabupaten/kota terkait adanya rasionalisasi atau pemangkasan jumlah PNS dari sekitar 4,5 juta menjadi sekitar 3,5 juta pada 2017 mendatang.

Menurut Sekretaris Daerah Sumsel, H Mukti Sulaiman mengatakan, regulasi yang mengatur mengenai rasionalisasi sampai saat ini belum ada. Sehingga, pihaknya belum dapat menaksirkan jumlah PNS di Lingkungan Pemprov Sumsel yang bakal terasionalisasi.

Itukan petunjuk teknisnya sampai saat ini belum ada. Nanti, kami akan ajukan data berapa PNS kami (Sumsel) per kabupaten/kota walaupun itu sebenarnya sudah ada. Kemudian disiplin ilmu mana yang kurang, dan berlebih,” kata dia “(25/3).

- BACA JUGA  Ribuan Jemaah Sumsel Batal Berangkat, Kemenag Panggil Abu Tour

Dia mencontohkan, pada tahun 2016 sampai dengan tahun 2017 jumlah PNS yang pensiun di Sumsel sekitar 700 orang. Sehingga, pihaknya mempertanyakan juga mengenai angka PNS yang pensiun. Karena, apabila yang pensiun tidak masuk hitungan, Sumsel dihadapkan dengan bayangan kekurangan pegawai.
“Saya pikir ini harus di hitung juga. Kalau (pensiun) ini tidak dihitung, nanti kami kekurangan tenaga juga. Nanti setelah konkrit saya akan jelaskan,”ujarnya”(madon)