Beranda Sumsel Atasi Karhutla Di OKI, Pemprov Sumsel Tambah Personil Pemadam

Atasi Karhutla Di OKI, Pemprov Sumsel Tambah Personil Pemadam

PALEMBANG– Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) hari ini menambah 1030 personil untuk memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).
“Hari ini juga akan kita turunkan kelapangan sebanyak 1030 Tim Gabungan ke OKI. Jadi kita akan turunkan penuh  kekuatan. Pembiayaan  sudah semua diatur, tinggal pemberangkatan. Target mereka dilapangan selama 10 hari menyebar ke penduduk. Satuan-satuan mereka di bawah kendali pak Kapolda dan pak Pangdam,” jelas Gubernur Provinsi Sumsel melalui kepala BPBD Provinsi Sumsel Iriansyah, Jumat (25/10).
Lanjut dia, 1030 personil tambahan ini terdiri dari 500 orang dari unsur Polri, 300 TNI dan sisanya  tim Gabungan BPBD Manggala Agni, Tagana dan Pol PP.
“Tujuan, menyebar utamanya wilayah OKI karena hotspot membanyak. Jadi bukan fire spot ya, tapi  hotspot. Maka kita sikapi ini, kehadiran saya  disini juga untuk menguatkan mental mereka dengan target 10 hari,”  tegasnya.
Lanjut Iriansyah, ada 324 desa rawan karhutla dari 9 kab kota rawan karhutla. Sejauh ini sudan di terjunkan sebanyak 15012 anggota ganungan yang di turunkan untuk pencegahan di desa desa ini gabugan baik daei BPBD Sumsel, TNI, Kepolisian Manggala Agni dan lainya.
“Kalau untuk kecamatannya itu paling banyak terjadi karhutla di kecamatan rambutan, pampangan, tulung selapan, pedamaran. Kalau Paling besar di tulung selapan, pangkalan dan pampangan. Sedangkan Kabut asap oleh karhutla di Palembang banyak masuk dari daeeah tersebut,” tukas Iriansyah.
Sedangkan Kepala BMKG Sumsel Nuga prakiraan sifat hujan saat musim kemarau di provinsi sumsel tahun 2019 secara umum masih dalam kondisi normal, namum saat puncak musim kemarau terjadi daerah – daerah rawan karhutla harus di waspadai karena sifat hujanya dibawah normal atau kondisi cuaca akan lebih kering seperti di Kabupaten OKI, OI, Muba, Banyuasin, OKU Timur, Pali, Muara Enim.
“Kalau prakiraan awal masuk musim hujan tahu 2019-2020 di Provinsi Sumsel akan masuk pada dasarian 3 bulan Oktober 2019,” terangnya.(Yun)
- BACA JUGA  Polres OKU dan Polsek Peninjau Bentuk Tim Gabungan