Beranda Sumsel Muara Enim Cari Bibit Potensial Lewat FLS2N dan O2SN

Cari Bibit Potensial Lewat FLS2N dan O2SN

MUARA ENIM – Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) serta Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat pelajar SMA se-Kabupaten Muara Enim, Rabu (24/04/2019) resmi digelar. Dalam ajang tahunan yang diikuti lebih dari 100 pelajar ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan H Widodo, bertempat di halaman SMA Negeri 2 Muara Enim.

Turut hadir Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muara Enim H Zainal Abidin, Ketua MKKS SMA Muara Enim H Darmadi, Kepala SMA Negeri 2 Muara Enim Ritta Riana, Kepala SMA Negeri 1 Ujan Mas Penderizal, Kepala SMA Negeri 1 Gelumbang Agusviansyah, serta beberapa kepala SMA lain di Kabupaten Muara Enim.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Muara Enim, H Darmadi mengatakan, lomba ini merupakan ajang tahunan bagi pelajar untuk mencari bibit-bibit potensial. Nantinya mereka yang lolos akan bertanding di level provinsi mewakili kabupaten.

- BACA JUGA  Jalan Simpang Belimbing - Air Itam Segera Diperbaiki

“Karena kegiatannya digabung (FLS2N dan O2SN) maka pesertanya lebih banyak dari tahun lalu. Peserta sebanyak 121 pelajar untuk O2SN dari 17 sekolah dilaksanakan selama dua hari, 22-23 April. Sedangkan FLS2N digelar pada 23-24 April,” bebernya.

Adapun cabang lomba yang dipertandingkan dalam FLS2N sebanyak 9 bidang. Di antaranya, baca puisi, cipta puisi, tari kreasi, gitar solo, monolog, vokal solo, desain poster, film pendek, dan kriya.

Sementara untuk cabang lomba O2SN antara lain, renang, bulutangkis, atletik lari 100 meter, atletik lompat jauh, karate kata, karate bebas, pencak silat tunggal serta pencak silat tanding.

“Lokasi pertandingannya sendiri berlangsung di tempat berbeda. Untuk FLS2N semuanya di SMA Negeri 2 Muara Enim. Sedangkan untuk O2SN menggunakan kolam renang Bukit Asam, GOR Pancasila, dan gedung Lima Putri,” tukas Darmadi.

- BACA JUGA  Fauzil Ansori Jabat Ketua IKA Smanjas

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, H Widodo meminta peserta FLS2N dan O2SN mengikuti ajang ini serius demi mencapai prestasi. “Inilah salah satu bentuk mencari bibit atlet yang unggul. Namun selain itu, juga agar siswa bugar jasmani dan rohani terkhusus anak-anak yang mengikuti O2SN,” ucapnya.

Kemudian Widodo berharap, peserta baik FLS2N dan O2SN bersaing dengan menjunjung tinggi sportivitas. Bahkan ia ingin ada pelajar Muara Enim mewakili Sumsel ke tingkat nasional.

“Tunjukan kemampuan terbaik, serta bersainglah secara sehat dan sportivitas yang tinggi,” pungkasnya. (Nda)