Beranda Sumsel Baturaja JPD Provinsi Sumatera Selatan ke 4 Berlangsung Meriah

JPD Provinsi Sumatera Selatan ke 4 Berlangsung Meriah

BATURAJA – Pada pelaksanaan Jambore Pemuda Daerah  (JPD) ke 4 Tahun 2016 kali ini, hanya di ikuti oleh 14 Kabupaten Kota dari 17 Kabupaten Kota yang ada di Sumatera Selatan. Kalau tahun sebelumnya di laksanakan di Bedegung Kabupaten Muara Enim, Tahun ini Kabupaten Ogan Komering Ulu ( OKU ) yang menjadi tuan rumah.

 

Hal ini di tegaskan oleh Ketua Pelaksana Jambore Pemuda Darah (JPD) ke 4, H Akhmad Yusuf Wibowo dalam sambutannya menegaskan, ada 3 kabupaten dan kota yang berhalangan hadir pada JPD se-Sumsel di Gor Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sabtu (23/7).

Kadispora Prov Sumsel ini juga mengharapkan, tiga kabupaten kota yang berhalangan hadir, tahun depan atau pada kesempatan berikutnya bisa ikut berpartisifasi dalam pelaksanaan JPD.
“Kali ini ada 14 kabupaten dan kota yang mengikuti JPD se-Sumsel. Tahun depan kita harapkan semua kabupaten dan kota ikut berpartisifasi,” katanya.

Suami dari Hj L Wenny Ramdiastuti ini menegaskan, kegiatan JPD 2016 ini merupakan yang ke empat. Sebelumnya JPD yang pertama dan ke dua dilaksanakan di Palembang. Ke tiga di Muaraenim dan sekarang ini yang ke empat di laksanakan di Baturaja OKU.
“Pelaksanaan dijadwalkan mulai 22-26 Juli 2016. Usia peserta mulai 16-30 tahun sesuai dengan undang-undang. Satu kabupaten kota 220160723_1053140 orang terdiri putra dan putri, jumlah total 300 peserta,” katanya.

- BACA JUGA  Antisipasi Kecurangan Saat Pemungutan Suara, KPU Pasang Alat Khusus

Ia menjelaskan para peserta harus sprotif dalam bersaing. Walau tidak menjadi juara yang jelas usaha yang sportif sangat baik.”Marijunjung tinggi kejujuran dalam bersaing,”ujarnya.

 

Dalam kesempatan acara pembukaan, Bupati OKU Drs H Kuryana Azis mewakili Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menerima penyerahan piala bergilir dari juara umum tahun 2015, yakni Kabupaten Pali. Sekaligus meninjau stand pameran dari setiap Kabupaten Kota.

 

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin dalam sambutannya yang di bacakan Bupati Ogan Komering Ulu Drs H Kuryana Azis, pada intinya mengatakan, melalui Kegiatan Jambore Pemuda Daearah yang ke 4 Provinsi Sumatera Selatan di Bumi Sebimbing Sekundang yang dipercaya sebagai tuan rumah tahun ini, bahwa dalam merealisasikan pembangunan pemuda, terdapat beberapa komponen utama yang perlu dikembangkan, antara lain adalah wawasan dan kreatifitas pemuda.

- BACA JUGA  Diduga PT Buana Eltra Tutupi Kejadian Ratusan Karyawan Keracunan

20160723_131147

 

Alex Noerdin berpesan, Jambore Pemuda yang dilaksanakan setiap tahun ini, diharapkan dapat terjadi transpormasi nilai nilai budaya, teknologi dan potensi unggulan daerah untuk menopang terwujudnya kemandirian bangsa. Dan juga para pemuda diharapkan dapat mengembangkan dirinya melalui prosesinteraksi dengan budayadan kreatifitas lokal yang dikembangkan oleh masyarakat.

“Melaui proses interaksi, berdialog, bekerjasama dan memecahkan masalah bersama diantara pemuda yang berbeda latar belakang, kelompok, golongan, suku, agama dan etnis yang berbeda, diharapkan pemuda dapat mengembangkan kreatifitsnya untuk dapat menerima perbedaan dan menjadikannnya kekuatan bersama untuk membangun bangsa,”Kata Bupati OKU Kuryana Azis saat membacakan Sambutan Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin.

Selanjutnya melalui Jambore Pemuda Daerah Provinsi Sumatera Selatan kita wujudkan revolusi mental untuk mewujudkan pemuda Sumsel yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing,” diharapkan pula pemuda untuk secara aktif malakukan upaya penangggulangan bahaya NAPZA dan HIV/AIDS dan ancaman kerusakan lingkungan,”katanya. (Rud)