Beranda Sumsel Muba Tuding Diganggu Warga, Pertamina EP Diprotes.

Tuding Diganggu Warga, Pertamina EP Diprotes.

 

Sekayu,    —   Pernyataan pihak Pertamina EP Asset 1 Ramba Field tentang penyebab semburan gas di sumur minyak MJ42 Kelurahan Mangun Jaya Kecamatan Babat Toman karena ada gangguan dari warga mendapat protes keras dari masyarakat.

Seperti yang diungkapkan Tito Rahmawan yang diketahui menjabat sebagai Material Officer Pertamina Ep Asset 1, menyatakan sumur sempat d ganggu warga dengan lepasnya atau dicuri wing Valve.

“Untuk surface equipment rating press 3000psi, press reservoar tertinggi d MJ adalah 1100 psi, SITP tertinggi 510 psi, jadi sekuat apapun akumulasi tekanan masih bisa ditahan dipermukaan kalau tidak d ganggu atau d curi” Tulis Tito, Sabtu (22/06).

Terpisah Ketua Karang Taruna Kabupaten Muba Candra Wijaya saat dihubungi mengungkapkan jika tidak disertai bukti adanya gangguan seperti pencurian maka hal itu menjurus ke fitnah.

- BACA JUGA  Deputi Kominfo : Media dan LSM Tetap Menjaga Marwahnya

“Kami berpendapat ini adalah salah satu indikator kelalaian dari pihak perusahan dalam hal pengawasan, kalaupun pihak perusahan beranggapan ini ada sebabya oleh ulah oknum masyarakat sah-sah saja, tetapi kalau tidak ada bukti yang kuat ini bisa di katakan fitnah” Ungkapnya.

Putra asli Mangun Jaya ini berpendapat prinsipnya ini kan masuk dalam wewenenang dan tanggung jawab penuh dalam hal pengamanan dan pengawasan dari pihak perusahan terkait sumur-sumur aset negara yang dikelola oleh Pertamina EP.

“Kejadian seperti ini bukan hal yang pertama terjadi untuk di wilayah Muba, ini artinya pengawasan dan pengamanan aset negara yang di kelolah oleh BUMN pertamina di Muba terkesan lemah dan tidak efektif” Ungkapnya.

- BACA JUGA  Duet Dodi - Giri Tunggu Keputusan Pusat

Dari pantauan dan informasi yang berhasil dihimpun, sumur minyak MJ42 dengan chasing 7 inchi tersebut masih utuh dengan wellhead dan baut yang mengelilingi chasing sumur.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, sumur minyak MJ42 milik Pertamina EP Asset 1 Field Ramba yang berada di Kelurahan Mangun Jaya Kecamatan Babat Toman Kabupaten Muba sekitar pukul 12.00 Wib, Sabtu (22/06) flowing dan menyemburkan gas disertai material lain. (Joel)