Beranda Rilis Muba Bupati DRA dan Jajaran Pemkab Muba ajak Warga Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Bupati DRA dan Jajaran Pemkab Muba ajak Warga Sukseskan Sensus Penduduk 2020

 

 

SEKAYU, – Bupati Musi Banyuasin H Dodi Reza Alex Noerdin mengajak seluruh masyarakat Muba untuk ikut serta berpartisipasi aktif menyukseskan sensus penduduk (SP) 2020.

“Mari kita sukseskan sensus penduduk 2020 dengan memberikan jawaban yang sebenar-benarnya, bantu Badan Pusat Statistik (BPS) untuk mencatat Muba,” kata Dodi, Rabu (22/1/2020).

Sensus penduduk tahun ini dilakukan dalam tiga tahap.

Pertama, akan dibuka SP2020 secara online (SPO) mulai 15 Februari-31 Maret 2020.
Masyarakat diminta mengisi sensus secara mandiri melalui https://sensus.bps.go.id

Kedua, bagi masyarakat yang tidak berpartisipasi dalam SPO, akan didatangi dan diwawancara oleh petugas sensus pada Juli 2020.
Tahap kedua ini menyangkut pemeriksaan daftar penduduk, verifikasi lapangan (ground check),  hingga pencacahan lengkap.
Ketiga, pada bulan Juli 2021 akan dilakukan pencacahan sampel.
Tahap ketiga Pencacahan Sampel di bulan Juli 2021 pungkas Dodi Reza Alex

Bupati Muba juga Mengeluarkan Instruksi kepada Seluruh Kepala PD berseta Jajarannya untuk ikut berperan aktif mensukseskan giat SP 2020 dan seluruh Camat Lurah dan Kades sampai Tingkat RW dan RT untuk membantu dan memonitoring tim sensus, guna memastikan data penduduk sesuai dengan keadaan sekarang, serta memastikan semua warga terdata.

“Kepada camat, kades, dan lurah tolong sosialisasikan sensus penduduk tahun 2020 ini di wilayah masing-masing,” sehingga data kita betul betul akuran sesuai dengan keadaan sebenarnya dan akan kita jadikan dasar peningkatan kesejahetraan masyrakat melaui program progran kerja kita kedepan khususnya program pengentasan Kemiskinan di Musi Banyuasin himbau Dodi.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Muba Surita MSi menjelaskan, salah satu poin utama pelaksanaan sensus yang dilakukan 10 tahun sekali ini adalah untuk menuju satu data kependudukan.

Berbeda dari sebelumnya SP 2020 bakal memadukan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sehingga didapatkan single data.

“Data administrasi yang tersedia pada Ditjen Dukcapil akan dikombinasikan dengan pencacahan lapangan baik melalui pendataan mandiri atau sensus penduduk online maupun door to door,” tuturnya Surita.

Sementara Itu Herryandi Sinulingga Ap Selaku Kepala Dinas komunikasi Musi Banyuasin menjelaskan bahwa akan Membantu BPS Muba mensosialisasikan kegiatan SP 2020 ini karena ini juga bagian tupoksi kominfo khususnya statistik sektoral sehingga kedepan Muba memperolah satu data yang akurat dari SP 2020, Sosialisasi akan kita gencarkan di Radio Gema Randik 97 FM vidio streming Muba TV, Banner dan billboard dan Sosial Media serta dibantu Rekan Rekan Media online dan cetak mitra Kominfo Muba untuk mepublish giat ini, kita siap ambil bagian untuk mesukseskan SP 2020 ini pungkasnya.(HMS)