Beranda Sumsel Muara Enim Plt. Bupati Muara Enim Inspeksi Kebutuhan Pokok dan Tinjau Rumah Isolasi Penanganan...

Plt. Bupati Muara Enim Inspeksi Kebutuhan Pokok dan Tinjau Rumah Isolasi Penanganan Covid-19 Kabupaten Muara Enim

MUARA ENIM — Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H bersama Kapolres Muara Enim AKBP. Donny Eka Syaputra, Dandim 0404 Muara Enim Letkol. Inf. Syariffudin, Sekda Muara Enim H. Hassanudin dan jajarannya melakukan inspeksi ketersediaan dan harga bahan pangan di Pasar Inpres Muara Enim, Sabtu (21/03/2020). Hal ini dilakukan Pemkab Muara Enim bersama Forkompimda dan SKPD terkait setelah ditetapkannya status darurat siaga bencana non-alam virus corona (Covid-19) di Kabupaten Muara Enim mulai 20 Maret lalu berdasarkan Keputusan Bupati Muara Enim nomor 297/KPTS/BPBD/2020.
.
Berdasarkan hasil inspeksi ini stok beberapa bahan pokok seperti beras, gula, minyak dan telur masih dalam kondisi aman dan mencukupi. Begitu pula dengan harga yang relatif normal. Plt. Bupati dan rombongan juga meninjau kebutuhan lainnya seperti daging sapi, ayam, ikan maupun sayuran yang semuanya masih dalam stok dan harga yang normal.
.
Plt. Bupati Muara Enim H. Juarsah, SH menghimbau para pedagang untuk berjualan seperti biasa dan jangan terpancing untuk memanfatkan situasi dengan melakukan penimbunan barang maupun menaikkan harga. Ia juga mengintruksikan Dinas Perdagangan untuk segera melakukan operasi pasar dalam menjaga stok kebutuhan pokok dan harga.

“Kita menghimbau pada masyarakat kabupaten Muara Enim agar jangan panik dengan bencana virus corona atau covit-19 yang sedang melanda bangsa kita ini. Namun kita mesti membiasakan membersihkan diri baik itu mencuci tangan dalam setiap aktifitas serta tetap istiqomah beribadah pada Allah swt,” pesan Juarsah.

Lebih lanjut Juarsah juga meminta pada pedagang agar jangan memanfaatkan kondisi ini dengan cara mengambil keuntungan dibalik musibah yang ada.

“Untuk para pedagang kita juga menegaskan agar berjualan seperti biasa dan jangan terpancing untuk memanfatkan situasi dengan melakukan penimbunan barang maupun menaikkan harga,” tegas Juarsah.

Sementara itu Kapolres Muara Enim menyampaikan bahwa pihaknya akan menindak tegas oknum pedagang yang kedapatan dengan sengaja menimbun barang dan memanfaatkan situasi sehingga menimbulkan kepanikan warga.

“Jika ada pedagang yang melakukan penimbunan atau memanfaatkan situasi ini. Kita akan ambil sikap tegas terhadap oknum tersebut,” pungkasnya.

Peninjauan dilanjutkan ke asrama Islamic Center Muara Enim yang dipersiapkan sebagai rumah sakit darurat sementara untuk mengisolasi dan menangani pasien yang seandainya diduga ataupun positif Covid-19 di Kabupaten Muara Enim.(Andi/Nda)