Beranda Sumsel Muara Enim TP PKK Muara Enim dan Pemkab Selalu Saling Mengisi

TP PKK Muara Enim dan Pemkab Selalu Saling Mengisi

MUARA ENIM– Bupati Muara Enim Ir. H. Ahmad Yani, MM mengatakan bahwa Tim Pengerak PKK (TP PKK) Muara Enim selalu bersinergi dengan Pemerintah Daerah kabupaten Muara Enim. Hal ini dibuktikan dengan 10 Program yang dimiliki oleh TP PKK Muara Enim selalu dapat saling mengisi satu sama lain demi terwujudnya Muara Enim yang Agamis, Sejahterah, dan Berdaya Saing.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Muara Enim dalam sambutannya pada acara Verifikasi lapangan terhadap desa Sidomulyo kecamatan Gunung Megang yang terpilih kedalam 60 besar lomba PKK tingkat nasional kategori PKK Tertip Administrasi, Jum’at (21/06/2019) di halaman SD Negeri 11 Gunung Megang.

“Antara Pemkab Muara Enim dan TP PKK selalu saling mengisi, hal ini dibuktikan dengan adanya sinergitas satu sama lain yang mana program yang tidak bisa dilakukan atau dilaksanakan oleh Pemkab dilakukan dan dilaksanakan oleh TP PKK Muara Enim,” terang A. Yani.

Melalui evaluasi lomba ini Pemkab Muara Enim sangat terbantu dengan selarasnya program anatara PKK dan pemerintah daerah yang mana salah satu progran prioritas Pemkab saat ini adalah menurunkan angka kemiskinan dari angka kemiskinan sebesar dua digit menjadi satu digit angka saja.

“APBD kabupaten Muara Enim merupakan ketiga terbesar di Sumatera Selatan kisaran 2 Triliun lebih, namun kemiskinan masih tinggi sehingga dengan adanya TP PKK telah mampu membantu mengentaskan kemisikinan dengan berbagai usaha serta industri kreatif dengan usaha UP2K-nya,” lanjut A. Yani.

- BACA JUGA  HUT Kabupaten Muara Enim yang ke-70 Berlangsung Meriah

Masih kata A. Yani ditahun 2019 ini PKK akan mendapatkan dana dari APBD sebesar 2 Miliar lebih, kemudian dana ADD, dan Dana Desa. Hal ini diberikan diperuntukan program dan kerja TP PKK.

“Terkait kebijakan PKK bersama Pemkab melakukan penanda tangan kebijakan memberikan dukungan terhadap program-program PKK. Maka dari itu harapan kita akan mampu memotivasi desa-desa lain agar mampu meningkatkan prestasi yang dimiliki oleh desa Sidomulyo dengan dana yang ada sehingga program yang dimiliki Pemkab Muara Enim dan TP PKK akan berjalan dengan lanjar,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Muara Enim Hj. Sumarni menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemkab Muara Enim terutama semua OPD yang ada di kabupaten Muara Enim yang selalu mendukung dan mensuport penuh seluruh kegiatan TP PKK kabupaten Muara Enim sehingga 10 program kerja PKK dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Terima kasih kepada Tim juri Verifikasi lapangan dalam lomba PKK tingkat nasional yang telah hadir ke Bumi Serasan Sekundang dan tak lupa kita mengucapkan terimak kasih juga kepada Bupati serta OPD yang telah memberikan dukungan dan suport atas kemajuan TP PKK Muara Enim,” ungkap Sumarni.

- BACA JUGA  Pj Bupati Muara Enim Apresiasi Program Kerja PWI Muara Enim

Selanjutnya Sunarni mengatakan ditunjuknya desa Sidomulyo sebagau wakil Sumsel ditingkat nasional. Hal itu didapat setelah dilakukan penilaian oleh TP PKK Propinsi Sumsel sehingga memutuskan TP PKK desa Sidomulyo dipercaya untuk mewakili Sumsel ditingkat nasional dan berhasil masuk 60 besar sebagai finalis dalam kategori Tertib Administrasi terbaik tingkat nasional.

“Pembinaan TP PKK memiliki program bunga desa yang mana dalam program ini bupati mengantor di desa jadi PKK kabupaten Muata Enim juga mengambil kesempatan untuk melakukan pembinaan ke TP PKK desa-desa sehingga selama 3 bulan ini melakukan pemetaan potensi setiap desa dan kendala yang ada di beberapa desa sehingga terbentuknya beberapa produk binaan PKK Muara Enim diantaranya Kampung Songket, kampung kerupuk dan kemplang, dari semua itu setiap daerah berbeda-beda tergantung potensi desa itu sendiri dengan harapan akan mampu meningjatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan Ini wakik ketua I TP PKK Pusat Nuraini, Wakil Ketua I TP PKK Propinsi Sumsel, wakil bupati Muara Enim, Ketua TP PKK Gunung Megang, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sidomulyo Sudaryati Ningsih, dan kepala OPD dilingkup Pemkab Muara Enim. (Nda)