Beranda Kriminal Simpan Senpira, Warga Pengadilan Tinggi Diringkus

Simpan Senpira, Warga Pengadilan Tinggi Diringkus

PALEMBANG,– Apes yang dialami Tisir (36), lantaran memiliki Senjata Api Rakitan (Senpira) jenis Revolver, membuat warga jalan Pengadilan Tinggi Kelurahan Karya Jaya Kecamatan Alang-alang Lebar Palembang, diringkus anggota kepolisian unit Tekab 134 Satreskrim Polrestabes Palembang, pimpinan Kanit Tekab 134, Iptu Tohirin.

Tak hanya Senpira yang diamankan, saat diringkus dirumahnya, pada Sabtu (21/3/2020) sekitar pukul 01.00 WIB, turut juga diamankan barang bukti 4 butir amunisi yang ditemui di dalam lemari rumahnya.

Kasat Reskrim Polrestabes Palembang, AKBP Nuryono, melalui Kanit Tekab 134 Iptu Tohirin, membenarkan penangkapan satu pelaku yang memiliki Senpira.

“Berawal dari laporan masyarakat, kemudian kita tindaklanjuti, dan berhasil meringkus pelaku saat berada dirumahnya. Ketika dilakukan penggeledahan, di dapati satu pucuk senjata api rakitan, beserta 4 butir amunisi yang disimpan dalam lemari rumah pelaku,” ucap Tohirin, saat diwawancarai wartawan, pada Sabtu (21/3/2020) pagi.

Setelah barang bukti ditemukan, lanjut Tohirin, Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku langsung digiring ke Mapolrestabes Palembang.

“Menurut dari pengakuan pelaku, Senpira tersebut digunakannya untuk berjaga-jaga diri saja. Pasal yang dikenakan terhadap pelaku, yakni pasal 1 ayat 1 Undang-undang Darurat No.12 tahun 1951,” tegas Tohirin.

Senada diakui pelaku Tisir, ia menyimpan Senjata Api Rakitan jenis Revolver tersebut, hanya untuk berjaga-jaga diri saja.

“Senpira itu saya dapat beli dari teman di Tangga Buntung pak, hanya untuk jaga-jaga, tidak ada niat untuk berbuat kriminal, tapi saya tidak tahu kalau dilarang memiliki Senpira. Saya menyesal pak,” pungkasnya. (Cdr)