Beranda Nasional Aceh Gubernur Aceh Lantik Bupati Simeulue

Gubernur Aceh Lantik Bupati Simeulue

 

BANDA ACEH   —   Gubernur Aceh, drh Irwandi Yusuf M.Sc melantik Bupati dan Wakil Bupati Simeulue Periode 2017-2022, di Kantor DPRD Kabupaten Simeulue, Kamis, (20/7). Prosesi pelantikan berlangsung tertib dan lancar, meskipun ada sedikit gejolak yang menolak pelantikan tersebut.

Dalam sambutannya, Gubernur Aceh, mengajak seluruh calon pimpinan daerah dan simpatisannya yang bertarung pada Pilkada Februari 2017 lalu, untuk secara bersama-sama membangun Simeulue. “Sekarang sudah saatnya, seluruh calon yang belum terpilih melupakan perbedaan demi majunya Simeulue di masa mendatang. Pilkada sudah usai. Ketegangan antar kandidat harus sudah usai. Political game over” ungkapnya.

Pelantikan Bupati Simeulue merupakan pelantikan Bupati bersejarah, karena dalam kunjungannya, Irwandi Yusuf membonceng Muzakir Manaf dengan pesawat kecilnya.”Saya ingin tunjukan, bagaimana saya dan Muzakir Manaf waktu pilkada saling kejar-mengejar, namun sekarang kita bisa bersama” kata Irwandi.

Dalam pidato pelantikan, Irwandi berjanji akan memberikan perhatian khusus bagi kemajuan dan pembangunan di Simeulue. Simeulue bakal mampu memberikan konstribusi bagi kemajuan Aceh. “Kita akan buktikan dengan program-program yang akan kita siapkan. Jangan ada lagi teriakan kami anak tiri” kata Irwandi Yusuf.

- BACA JUGA  Presiden Jokowi Membuka Penas KTNA XV di Aceh

Lebih lanjut Irwandi Yusuf memaparkkan bahwa Simeulue punya potensi yang amat besar dalam hal pengembangan pariwisata kuliner dan pariwisata air. Irwandi Yusuf bahkan mengkiaskan, bahwa daerah yang punya 41 pulau ini punya segalanya.

Untuk itu, Irwandi Yusuf meminta agar pemerintahan yang baru dilantik bisa menyediakan fasilitas umum dan administrasi yang lengkap di pulau terdukung ini. “Proses perizinan harus dipermudah. Jangan persulit dan minta-mintai” kata Irwandi Yusuf.

Demi tumbuhnya perekonomian Simeulue, gubernur meminta agar pembangunan yang dilakukan harus menganut mazhab hana fee. Artinya jangan meminta fee dari setiap pembangunan di daerah ini. Masyarakat Simeulue, menaruh harapan besar pada Bupati dan Wakil Bupati yang dilantik yaitu pasangan Erli Hasim-Afridawati.

Dimana, keduanya menjadi pasangan pimpinan daerah dengan kepercayaan pemilihan tertinggi. Terbukti dengan partisipasi pemilih di Pilkada lalu yang mencapai 85,2 persen. “Dapat diartikan bahwa harapan masyarakat Simeulue agar daerah ini lebih baik, maju modern, dan kaya ada di tangan anda berdua. Jangan sampai di tangan anda Simeulue jadi lebih miskin” kata Irwandi.

- BACA JUGA  12 Tahun Jalan Rusak, Warga Gandapura Tanam Pisang

Di akhir sambutannya, Gubernur Irwandi menginstruksikan kepada pihak Sekretariat Daerah Kabupaten Simeulue untuk memfotokopi naskah sumpah pelantikan. Naskah itu diminta Irwandi untuk diletakkan di ruang kerja Erli Hasim dan Arfirdawati.

“Tiap pagi lihat itu, pulang juga lihat itu. Apa yang sesuai dan yang tidak sesuai. Kalau ikut rel yang telah disumpahkan Insya Allah tidak akan bermasalah baik di KPK maupun di akhirat nanti” kata Irwandi.

Hadir dalam pelantikan itu Mantan Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf, Direktur Penataan Daerah Depdagri, para Anggota DPR Aceh Daerah Pemilihan Simeulue, serta pimpinan dan anggota DPR Kabupaten Simeulue beserta 3.000 undangan lainnya. (doel)