Beranda Ekobis Ajak Perbankan Rutin Donorkan Darah, BI Bantu Persediaan Stok Darah di Sumsel

Ajak Perbankan Rutin Donorkan Darah, BI Bantu Persediaan Stok Darah di Sumsel

PALEMBANG-Bank Indonesia (BI)  Wilayah Sumatera Selatan menggelar donor darah di Kantor Perwakilan (KPw) BI Sumsel, Selasa (19/11/2019).
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Yunita Resmi Sari mengatakan kegiatan donor darah tersebut merupakan kegiatan rutin per triwulan yang sebagian besar pesertanya adalah pegawai internal BI. 
“Kegiatan kali ini terasa istimewa dengan kehadiran Ketua PMI Sumsel bu Feby. Donor darah ini diikuti oleh 100 orang pegawai internal BI, namun kali ini kita targetkan ada 200 orang, tidak hanya dari BI saja, juga dari perbankan”, ujarnya.

Ke depan BI akan meluaskan cakupan kegiatan donor darah rutin ini dengan mengikut sertakan pihak perbankan lainnya. Yunita Resmi Sari menambahkan perbankan dan BI akan selalu mendukung kegiatan PMI baik kota maupun provinsi.

“Kegiatan donor darah ini sumbangan kecil kepada PMI dan bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat di Sumsel”, imbuhnya.

Sementara Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sumsel Febrita Lustia Herman Deru mengatakan PMI Sumsel saat ini tengah berfokus pada Unit Donor Darah (UDD) yang lokasinya berada di belakang RS Siti Fatimah.

 
Hal ini diungkapkan wanita dengan sapaan akrab Feby Deru ketika menghadiri kegiatan donor darah Bank Indonesia (BI) dan perbankan, di gedung BI perwakilan Sumsel, Selasa (19/11) pagi.
 
“Saat ini PMI Sumsel fokus mengurus perbaikan gedung UDD. Hal ini penting mengingat kebutuhan darah kadang kala tidak dapat dipenuhi seketika, terutama saat ada kecelakaan atau bencana. Stok darah yang dibutuhkan tidak tersedia”, jelas Feby.
 
Menurutnya seringkali terjadi saat masyarakat membutuhkan darah, stok tidak ada. Untuk itu lah, melalui kegiatan donor darah yang diselenggarakan BI dapat menanggulangi kebutuhan darah di Palembang. Selain itu berbagai upaya juga terus dilakukan PMI Sumsel. “PMI juga bekerjasama dan berkoordinasi dengan Polda Sumsel untuk menyediakan layanan kebutuhan darah secara online. Kami pun telah menginstruksikan ke PMI kabupaten/kota untuk menyediakan UDD, juga menyediakan kartu golongan darah gratis terutama bagi balita”, tandasnya.
 
Dilanjutkan Feby, kartu golongan darah diberikan bertujuan untuk mengetahui golongan darah masing-masing orang. Hal ini disebabkan masih dijumpai di lapangan, masyarakat belum mengetahui golongan darahnya sendiri.
 
Kepada Bank Indonesia yang telah menyelenggarakan kegiatan donor darah, Feby Deru menyampaikan apresiasinya dan berharap agar BI membantu sosialisasi agar masyarakat memiliki keinginan dan berperan aktif mendonorkan darahnya.
 
 

Pada kesempatan itu juga Feby Deru didampingi Yunita Resmi Sari menyerahkan perhargaaan kepada dua orang pendonor aktif, Soeratiman yang telah 55 kali mendonorkan darah dan Muhammad Teguh yang sudah berpartisipasi sebanyak 49 kali.

Kegiatan yang menargetkan 200 pendonor ini merupakan kegiatan rutinitas tahuan yang digelar BI. Kepala perwakilan BI Sumsel, Yunita Sari mengatakan antusias teman-teman perbankan sangat tunggi mengambut kegiatam ini termasuk pensiunan Bank Indonesia.
“Kita juga memberikan penghargaan kepada pendonor aktif yakni Suratiman dan Teguh yang mendonor sampai 50 kali dalam kurun waktu 15 tahun,” ujarnya usai pembukaan.
Pihaknya berencana akan menggelar rutin kegiatan ini setiap triwulan. Tentu saja akan meluaskan cakupan dan menunjukkan keinginan untuk join berpartisipasi dalam kegiatan ini. (Rel)
- BACA JUGA  Inggris Lirik KEK TAA