Beranda Politik Muhammad Haris: Membangun Daerah Sendiri Adalah Keniscayaan

Muhammad Haris: Membangun Daerah Sendiri Adalah Keniscayaan

Madina | Membangun Sumatra Utara (Sumut) bukan hanya tugas gubernur saja, namun semua pihak harus terlibat dalam proses pembangunan. Terutama para pemuda, gaya energik serta pikiran bersih dan kreatifnya sangat dibutuhkan dalam membangun Sumut. Kemudian, anggota legislatif. Dalam tataran eksekusi memang tugas kepala daerah, tetapi anggota legislatif juga memiliki peran yang vital, karena lembaga inilah yang membuat undang-undang, serta yang melakukan pengawasan terhadap pemerintah yang menjalankan undang-undang.

Dua dasar itulah yang mendorong Muhammad Haris mantap maju sebagai Calon Anggota DPR RI Dapil Sumut 2 lewat Partai Demokrat di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 nanti. Ia ingin memberikan kontribusi untuk daerah yang telah membesarkannya. Karena baginya, membangun tanah sendiri adalah keniscayaan. “Sumut ini tanah kelahiran saya, kampung halaman saya. Dan saya masih muda, mampu melakukan sesuatu. Saya akan merasa malu jika hanya jadi pengamat pembangunan di daerah yang sangat saya cintai ini,” ungkap Muhammad Haris kepada wartawan, Jum’at (19/10/2018).

- BACA JUGA  78 Balon Kepala Daerah Se-Sumsel Jalani Tes Psikologi Dan Narkoba

Haris memahami, memang untuk mengabdi tidak harus menjadi anggota dewan. Namun, menurutnya, melakukan pengabdian tanpa memiliki sarana atau instrumen yang kuat seperti menjadi anggota DPR RI atau Kepala Daerah, sulit membuat Sumut lebih maju dan sejahtera. Tetapi dengan menjadi anggota dewan, Muhammad Haris menegaskan bisa menjadi penyambung lidah rakyat dan memperjuangkan harapan-harapannya lewat parlemen. “Bisa membela aspirasi dan hak-hak rakyat di Sumut di parlemen adalah yang mendorong dan memotivasi saya untuk menjadi caleg. Karena saya ingin membantu rakyat dan memajukan tanah kelahiran ini dengan signikan. Dan alat atau sarana yang tepat untuk mewujudkan itu adalah menjadi anggota DPR RI,” tuturnya.

Haris dikenal sebagai aktivis nasional yang malang melintang di dunia advokasi dan layanan perlindungan rakyat kecil. Pengalamannya keliling dunia dan tentu keliling Indonesia cukup memberinya inspirasi bagaimana membangun tanah kelahiran dengan efisien, efektif dan berhasil. Dari sisi kemampuan dan pengalaman, tokoh muda enerjik ini dipandang akan mampu membawa wilayah Sumut 2 menjadi daerah yang maju dan bermartabat.

- BACA JUGA  DONI, Pastikan Pembangunan MUBA Akan Lebih Baik

Daerah pemilihan (dapil) Sumatera utara 2 terdiri dari 14 daerah yaitu:
1. Kabupaten Labuhan Batu,
2. Kabupaten Padang Lawas,
3. Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta),
4. Kabupaten Tapanuli Selatan,
5. Kota Padang Sidimpuan,
6. Kabupaten Mandailing Natal (Madina),
7. Kabupaten Toba Samosir (Tobasa),
8. Kabupaten Samosir,
9. Kabupaten Tapanuli Utara,
10. Kabupaten Tapanuli Tengah,
11. Kota Sibolga,
12. Kabupaten Nias,
13. Kabupaten Nias Selatan dan
14. Kabupaten Humbang Hasundutan.