Beranda Sumsel Muara Enim 325 CJH Muara Enim Ikut Manasik Haji

325 CJH Muara Enim Ikut Manasik Haji

 

MUARA ENIM,   —   Bupati Muara Enim H Ahmad Yani membuka kegiatan bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Muara Enim tahun 1440 H, Rabu (19/06/2019) yang dilangsungkan di Masjid Agung kota Muara Enim.

Kegiatan manasik tersebut diikuti sebanyak 325 Jamaah Calon Haji (JCH) terdiri dari 160 laki-laki dan 165 jamaah perempuan. Kegiatan manasik juga dihadiri oleh Wakil Bupati Muara Enim H Juarsah, jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muara Enim serta unsur muspida lingkup Kabupaten Muara Enim.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Bumi Serasan Sekundang mengingatkan para JCH asal Muara Enim supaya mempersiapkan fisik dan mental spritual. Sebelum meninggalkan Tanah Air menuju Tanah Suci Mekkah, JCH diminta juga menjaga berat badan.

- BACA JUGA  Wabup Muara Enim Buka Pelatihan Keterampilan Manajemen BUMDesa

“Supaya tetap fokus menjalankan ibadah di sana, jamaah hendaknya tetap sehat karena di sana butuh kekuatan fisik, untuk yang memiliki fisik gemuk (gendut, red) supaya kurangilah dikit,” ujar Yani.

Masih kata Yani berdasarkan ceritanya pada pengalamannya saat beribadah di Tanah Suci sangatlah memerlukan banyak tenaga.

“Selama persiapan memang kita sudah merasa siap, tapi di sana nanti akan lebih berat lagi,” ceritanya.

Selanjutnya, Yani juga meminta para JCH menjaga sikap selama di negeri orang. Para JCH diharap selalu bersabar selama beribadah supaya tak mengganggu ketertiban dan kelancaran ibadah.

- BACA JUGA  KPUD Muara Enim Gelar Rapat Pleno Pemilu 2019

“Terus juga jangan sombong, jangan sekali-kali ngomong Masjid Haram itu kecil dak ke sesat, siapo ngomong cak itu aku jamin pasti di sano dio sesat,” ungkap Yani.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muara Enim, H Abdul Harris Putra menyampaikan kegiatan manasik dilakukan dalam upaya memperkenalkan dan mensosialisasikan tentang tata cara ibadah dan teknis pelaksanaan haji kepada JCH sebelum berangkat.

“Manasik haji ini digelar agar jamaah mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai rukun dan wajib haji, sehingga memudahkan jamaah selama menjalankan ibadah haji, dengan harapan seluruh JCH mendapat haji mabrur,” pungkasnya.(Nda)