Beranda Berita Pemkot Puluhan Koleksi Dokumentasi Bersejarah Dipamerkan

Puluhan Koleksi Dokumentasi Bersejarah Dipamerkan

Buka Pameran Temporary, Dinas Kebudayaan Pamerkan Puluhan Koleksi dokumentasi bersejarah

PALEMBANG – Guna menghargai sejarah agar diketahui dari generasi ke generasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Palembang buka Pameran Temporary di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Jumat, (18/10)

Dalam pembukaan Pameran Temporary tersebut Dinas Kebudayaan pamerkan puluhan koleksi dokumentasi bersejarah bangunan museum.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Zanariah mengatakan cagar budaya perlu mengandalkan dokumentasi agar perjalanan sejarah sejauh apa turut diketahui oleh generasi ke generasi.

“Cikal bakal suatu benda yang bersejarah di suatu daerah adalah benda-benda yang ada di museum. Biar generasi yang akan datang juga mempelajari bentuk sejarah yang jadi kebanggan kota,” katanya

- BACA JUGA  Biaya Retribusi IMB Akan Dipangkas 50 Persen

Ada sekitar 13 foto bangunan museum dari massa ke massa yang ada di Palembang bahkan yang tertua adalah foto bangunan di tahun 1890 hingga 1900-an. Pameran ini sendiri berlangsung dari 18 hingga 20 Oktober 2018. Pihaknya juga berupaya untuk mencari arsip-arsip yang belum dimiliki oleh Disbud.

“Masih banyak arsip-arsip yang tersebar di masyarakat, salah satu upaya kita mencari foto yang belum ditangan dengan meminta Pemkot Palembang membuatkan Perdanya agar apa yang dimiliki masyarakat jatuh ke tangan Disbud. Sehingga barang itu tidak jatuh ke tangan orang kita (Palembang) sendiri,” ujarnya

- BACA JUGA  Puluhan Balita Di Griya Sako Permai Dapatkan Imunisasi

Selain bangunan museum ada pula sejarah Pahlawan Nasional asal Sumsel yakni Adnan Kapau Gani (A.K Gani), mulai dari biografi hingga kegiatan beliau yang dikenal juga sebagai salah satu pencetus Sumpah Pemuda angkatan 1928.

Kepala Museum A.K Gani, G.I. Priyanti A.K. Gani yang juga salah satu anak dari A.K Gani menambahkan, museum A.K Gani jiga ikut berpartisipasi dalam pameran ini untuk mengenalkan A.K Gani sebagai Pahlawan Nasional.

“Tema yang kami tampilkan mengenalkan beliau sebagai pahlawan nasional. Ada 52 koleksi dari 1500 koleksi museum A.K Gani yang kami pajang disini, ada biodata 4 buah, sertifikat, dan lain-lain,” singkatnya (yud)