Beranda kodam II/ Sriwijaya Korem Gapo 044 Korem 044/Gapo Gelar Tes Garjas

Korem 044/Gapo Gelar Tes Garjas

PALEMBANG — Untuk mengetahui kemampuan fisik prajurit dari hasil pembinaan yang telah dilakukan selama ini dalam rangka menghadapi ujian kenaikan pangkat maupun seleksi pendidikan, Korem 044/Gapo memberikan kesempatan kepada para prajuritnya untuk melaksanakan Tes Kesegaran Jasamani (Garjas) Periodik II TA 2018.

Tes Garjas periodik diikuti seluruh anggota militer dan PNS Makorem 044/Gapo, Kodim 0418/Palembang dan Balakrem untuk wilayah Garnizun Palembang dipimpin langsung Kajasrem 044/Gapi Lettu Inf Hasidin di Yonif Raider 200/BN Gandus Palembang. Sedangkan bagi satuan yang berada di luar Ganizun Palembang pelaksanaannya di satuan masing-masing.

Dalam tes Garjas ini meliputi tes kesegaran A yakni lari jarak 3.200 meter dan kesegaran B yang terdiri dari Pull Up, Sit Up, Push Up dan Shuttle Run ditambah materi ketangkasan berupa renang militer jarak 50 meter. Sedangkan untuk anggota PNS hanya melaksanakan tes kesegaran jasmani A lari jarak 3.200 meter.

- BACA JUGA  Bios 44 Dikembangkan Pada Sawah Percontohan Desa Gelebak Dalam

Kajasrem 044/Gapo Lettu Inf Hasidin mengatakan, tes Garjas tersebut merupakan kewajiban bagi setiap prajurit dan PNS. Ini merupakan program TNI AD yang harus dilaksanakan setiap enam bulan sekali, untuk mengukur kemampuan jasmani dan kondisi kesehatan sekaligus sebagai sarana evaluasi dalam pembinaan fisik para prajurit dan PNS yang telah dilakukan setiap hari Selasa dan Jumat.

“Dalam tes Garjas ini masing-masing perorangan harus tetap menjaga faktor keamanan dan dilaksanakan dengan maksimal sesuai kondisi fisik dan kemampuannya. Diharapkan para prajurit dan PNS dapat memperoleh nilai baik sesuai standarisasi nilai tes kesegaran jasmani yang ditetapkan Komando Atas,,” ucap Kajasrem, Kamis (18/10).

- BACA JUGA  UKP, Ratusan Personel Korem 044 Gapo Ikuti Tes Garjas

Sementara itu, Kasipers Korem 044/Gapo Letkol Inf Prabowo yang memantau kegiatan Garjas Periodik ini mengatakan, kegiatan ini sudah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Komando Atas, dimana dalam pelaksanaan Garjas Periodik II Tahun 2018 di Korem 044/Gapo dan jajarannya sudah menerapkan semua aturan dan tahap pelaksanaan Garjas.

“Kesamaptaan Jasmani ini sangat menentukan dan mendukung lulus dan tidaknya bagi anggota yang akan melaksanakan UKP, kursus dan pendidikan, untuk itu ikuti perintah dan arahan dari tim Jasrem selaku penyelenggara, dan bagi anggota yang memiliki tensi tinggi agar tidak mengikuti, karena Garjas diperuntukkan bagi anggota yang sehat,” singkat Kasipers.(Dee)