Beranda Sumsel Muara Enim Pertahankan Adipura, Kota Muara Enim Terus Ditata 

Pertahankan Adipura, Kota Muara Enim Terus Ditata 

 

MUARA ENIM — Pemerintah kabupaten Muara Enim terus berupaya untuk menata kota Muara Enim supaya tetap selalu bersih guna mempertahankan piala adipura dan mendapatkan piala Adipura Kencana. Seiring dengan perkembangan perekonomi, setiap tahun pertumbuhan perdagangan juga meningkat di Bumi Serasan Sekundamg ini.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda ) Kabupaten Muara Enim Ramlan Suryadi mengatakan, pedagang kaki lima (PKL) memang menjadi permasalahan hampir disetiap kota termasuk di kota Muara Enim.

Untuk itu, Pemkab Muara Enim terus melakukan penertiban besar-besaran terhadap pedagang, khususnya PKL yang berdagang di jalanan dan trotoar.

“Meminjam istilah Bapak Bupati, Ini seperti urusan seperti telor dengan ayam. Ada tempat berjualan tidak ditempati karena tidak ada pembeli, kalau tidak ada pedagang, pembeli mau beli apa? Sehingga pedagang harus kita dorong,” kata Ramlan saat dijumpai awak media di Ruang Kerjanya, Kamis (18/07).

- BACA JUGA  Warga Muara Gula tuntut PT KAI Selesaikan sengketa Lahan

Dijelaskan Ramlan, saat ini Muara Enim mempunyai tiga bangunan pasar. Namun, seiring pertumbuhan ekonomi jumlah pedagang bertambah, sehingga tidak tertampung di kios/los yang ada. ” Akhirnya mereka menjual dagangannya di badan jalan atau trotoar,” terangnya.

Masih kata Ramlan, Pemkab Muara Enim akhirnya menyiapkan tempat bagi PKL di eks SMKN 1 Muara Enim yang bersebelahan dengan pasar inpres. “Eks bangunan SMK N 1 Muara Enim sudah menjadi asset Pemkab Muara Enim, kedepannya memang direncanakan untuk pengembangan pasar,” jelas mantan Kadin Perumahan dan Permukiman Kabupaten Muara Enim ini.

Lanjut Ramlan, para PKL tidak boleh lagi berdagang dijalan maupun trotoar. “Mindset pedagang dan pembeli dipinggir jalan, itu yang harus dirubah,” tegasnya.

Masih kata Ramlan, Pemkab Muara Enim sudah merencanakan pembangunan pasar di eks SMKN 1 Muara Enim kedepannya.

- BACA JUGA  KP3ME DUKUNG Hj Shinta Paramita Maju Di Pilkada

“Sudah koordinasi dengan Bapak bupati, eks SMKN 1 Muara Enim akan kita bangun los pasar satu lantai terdiri dua bangunan. Kita akan bangun bertahap, agar para pedagang tetap bisa berjualan di eks SMKN 1 Muara Enim ini yang mana bangunan pertama akan dibangun tahun 2020. setelah bangunan pertama siap, selanjutnya akan dibangun yang kedua,” paparnya.

Lebih lanjut Ramlan menerangkan, untuk para pemilik kios/los yang ada dipasar, Pemkab juga akan menertibkan supaya keindahan kota Muara Enim akan terlihat. “Kita akan terus mendorong agar los/kios itu baik yang lama maupun yang baru harus dimanfaatkan masyarakat. Jika tidak akan kenakan tindakan tegas,” bebernya.

Pantauan di lapangan dalam dua minggu terakhir penertiban pedagang gencar dilaksanakan, bahkan Bupati dan Wabup turun langsung. Dengan ketegasan, terbukti ternyata PKL bisa ditertibkan.(Andi/Nda)