Beranda Rilis Muba Thia Yufada Tularkan Virus News Anchor untuk Presenter Televisi

Thia Yufada Tularkan Virus News Anchor untuk Presenter Televisi

 

# Presenter Pal TV Dapat Pembekalan dari Ketua TP PKK Muba

PALEMBANG- Suasana berbeda di Rumah Panggung Darussalam Palembang, Rabu (16/10/2019) pagi. Puluhan presenter Televisi lokal Sumsel yakni Pal TV duduk berjejer rapi. Rupanya kehadiran mereka ini untuk melihat dan mendapatkan pembekalan How to Read and Speak Like a Professional TV News Anchor dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Hj Thia Yufada Dodi Reza yang juga merupakan mantan presenter TV Nasional.

Mengenakan Gambo Muba dengan warna keemasan, istri Bupati Muba Dodi Reza ini tampil memukau puluhan peserta pembekalan yang saat itu sangat menyimak detail paparan dari sang Inisiator Gambo Muba tersebut.

Thia Yufada memberikan bermacam materi mulai dari Bagaimana menjadi presenter, host, news caster/anchor (tidak hanya membaca namun juga mewawancara, dan reporter yang baik.

Kemudian, syarat atau modal menjadi presenter TV yang baik serta tips yang harus di kuasai presenter untuk mengajak pemirsa larut dalam topik talkshow yang kita bawakan.

“Dalam kesempatan ini juga saya berbagi pengetahuan bagaimana cara teknik vocal, eye contact, gesture dan humor yang baik. Dan bagaimana cara mengatasi kegugupan, rasa malu, kurang percaya diri, berpenampilan menarik seorang presenter TV serta trik berwawasan luas dan memiliki public speaking yang baik,” ungkap Thia Yufada.

- BACA JUGA  Pemkab Muba Komitmen Tingkatkan Pendidikan

Pada kesempatan tersebut istri Bupati Muba, H Dodi Reza Alex ini menyampaikan, bahwa bagaimana menjadi presenter tidak hanya membawa informasi, berita tapi juga mampu mewawancara dengan baik.

“Pada zaman sekarang ini kalian presenter gak butuh lagi waktu berbulan-bulan untuk belajar baca buku untuk mendapat informasi dan materi, cukup dengan gadget ponsel di tangan semua informasi dapat kalian peroleh,” ujar Wanita Inspiratif Sumsel itu.

Lanjutnya, kalau dahulu sulit untuk mendapatkan audiens, tapi sekarang dengan nge vlog saja bisa sampe setiap hari kita mendapatkan audiens/penonton.

“Nah jadi sekarang ini bisa dikatakan setiap orang itu adalah presenter. Situasi seperti ini membuat kalian harus mempersiapkan diri jauh lebih baik karena kalau sekarang ini informasi bisa dengan lebih mudah orang dapatkan, maka tantangan lebih besar lagi,”beber Thia.

Thia menambahkan, stasiun TV Garda depannya adalah Presenter, jadi kalian harus sadari betul presenter itu mempengaruhi nilai bisnisnya suatu media televisi. Tantangannya adalah me vs technologi.

“Kita tidak akan pernah menang dengan teknologi, tapi harus mengambil peran dari teknologi, jangan sampai tergerus akan kemajuan teknologi. Walaupun informasi di luar bisa orang dapatkan dengan mudah, tapi orang akan tetap menunggu sajian berita dari kalian siaran maka jadilah presenter yang selalu ditunggu,” imbuhnya.

- BACA JUGA  APBD Muba TA 2020 Disahkan, Dodi Apresiasi Kerja Sama DPRD Muba Dalam Pelaksanaan Tugas

“Menjadi presenter selain harus cerdas, percaya diri, juga harus bisa berkomunikasi dengan baik. Untuk menyampaikan pesan informasi dengan baik yang harus diperhatikan pertama adalah kenali audiens, siapa yang ditargetkan dalam penyajian infomasi, kemudian kenali suasana, jenis informasi apa yang akan disampaikan, mimik wajah dan gestur tubuh harus dijaga,”pesan Thia.

Thia juga menyampaikan, menjadi seorang presenter harus prepare sebelum tampil, serta up to date akan informasi, karena dengan mencari informasi Berguna untuk talkshow nantinya, kita juga harus mengenali kata-kata sulit yang tidak biasa kita sebutkan sehari-hari, kemudian belajar di praktekkan cara penyebutannya. Selain itu jaga kondisi tubuh dengan cukup tidur dan istirahat serta makanan yang dikonsumsi.

“Hargai profesi kita, persiapkan dengan matang saat mau tampil siaran karena momen yang hanya berapa menit itu gak akan bisa diulang,dan akan diingat sampai kapanpun maka Be our best at the time, jadi kuncinya harus prepareā€¦” pungkasnya. (Ril)