Beranda Ruang Sidang Narkoba Pemilik 10 Gram Sabu Divonis 9 Tahun

Pemilik 10 Gram Sabu Divonis 9 Tahun

PALEMBANG– Pemilik narkotika jenis sabu-sabu seberat 10 gram atas nama Terdakwa Muhammad Dani (40) warga jalan HM Yasin Kelurahan Kenten Laut Kecamatan Alang alang Lebar divonis 9 tahun oleh Hakim Adi Prasetyo di Pengadilan Negeri Palembang Rabu (15/8).

Menurut Majelis Hakim, berdasarkan keterangan para saksi dan fakta yang terungkap di persidangan, dimana pada 20 Februari 2018 sekitar pukul 14 00 Wib terdakwa ditangkap oleh petugas dari Unit narkoba Polda Sumsel didepan Rumah makan Pagi Sore kawasan kenten laut.

Setelah dilakukan penggeledahan, petugas menemukan satu paket sabu yang terbungkus plastik bening dengan berat 10 gram. Dari fakta dan keterangan para saksi, terdakwa mengakui jika sabu yang ada pada terdakwa benar miliknya.

Sehingga fakta dan keterangan para saksi dan pengakuan terdakwa, setelah dikaitkan dengan dakwaan pasal 112 (2) UU.NO.35/2009 Tentang Narkotika ternyata unsur- unsurnya telah terpenuhi.

Karena unsur unsur pasal dakwaan tersebut telah penuhi majelis hakim untuk menjatuhi vonis terhadap terdakwa perlu mempertimbangkan .

Hal hal yang memberatkan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantas Narkotika dan perbuatan terdakwa meresahkan masyarakat.

Sedangkan yang meringan terdakwa mengakui terus terang dan menyesali perbuatannya. “Atas┬ápertimbangan itu, maka majelis hakim menjatuhkan vonis selama 9 tahun dan denda sebesar satu milyar subsider 6 bulan penjara,”ujar Adi Prasetyo dipersidangan.

Kemudian Adi Prasetyo usai membacakan vonis, memberikan kesempat kepada terdakwa dan pengacara serta Jaksa Penuntut umum Juhairiyah diberikan kesempatan selama satu minggu untuk menyatakan sikap apakah menerima atau menolak.

Namun baik jaksa maupun terdakwa dan pengacara menyatakan pikir pikir atas vonis yang dijatuhkan majelis hakim tersebut.

Menurut pengacara terdakwa Adi Gunawan vonis yang telah dijatuhkan itu tentu akan dimusyawarahkan dulu dengan pihak keluarga.Jika dalam musyawarah nanti disepakati akan mengajukan banding,” maka kami akan mengajukan memori banding, karena itu masih ada waktu satu minggu untuk menyatakan sikap tersebut,” jelas Adi Gunawan usai persidangan.(Rah)