Beranda Kriminal Pelaku Penggelapan Uang Penjualan Beras Diringkus Di Jawa Timur

Pelaku Penggelapan Uang Penjualan Beras Diringkus Di Jawa Timur

 

PALEMBANG,– Setelah satu bulan menjadi buronan anggota kepolisian, lantaran aksinya yang sudah melakukan Penggelapan uang penjualan beras. Akhirnya satu dari dua pelaku Penggelapan uang penjualan beras berhasil diringkus petugas kepolisian unit Pidana Khusus (Pidsus) Satreskrim Polresta Palembang.

Pelaku yang diketahui bernama Feri Frestiawan (29), warga Desa Pagar Sari Kalidawir Kabupaten Tulung Agung Provinsi Jawa Timur ini, diringkus unit Pidsus pimpinan Kanit Pidsus Iptu Hary Dinnar, saat berada dikawasan provinsi Jawa Timur, pada Rabu (15/5) sekitar pukul 22.30 WIB.

Sedangkan satu pelaku lainnya, berinisial MS (DPO), hingga sekarang masih dalam pengejaran unit Pidsus Satreskrim Polresta Palembang. Setelah berhasil diringkus ditempat persembunyiannya, Feri pun langsung digiring ke Mapolresta Palembang, guna mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, aksi Penggelapan uang penjualan beras yang dilakukan oleh MS (DPO) yang merupakan sopir mobil truk pengangkut beras, dan kernetnya tersangka Feri ini terjadi, pada Selasa (30/4/2019), sekitar pukul 16.00 WIB, di Gudang Beras Bakti Musi II Palembang. Dimana berawal dari sopir dan kernet yang membawa beras milik Korban Suseno, dari Desa Tanjung Kemuning Belitang menuju Gudang Beras Bakti Musi II Palembang untuk dijual.

- BACA JUGA  Tusuk Teman, Mahasiswa UIN Raden Fatah Terancam Diberhentikan

Kemudian setelah dilakukan pembayaran oleh pembeli, lalu sebagian uang pembayaran beras dibawa pulang oleh MS dan Feri sebesar Rp 160 juta, ke kampung halaman mereka di Provinsi Jawa Timur.

Penggelapan ini diketahui setelah sopir yang lain bernama Wahid dan Endang sampai ke Belitang dan menyerahkan uang yang mereka bawa kepada korban. Sedangkan MS dan Feri ketika ditunggu-tunggu tak kunjung menyetorkan uang hasil penjualan beras tersebut, dan ketika dihubungi melalui Handphone, ternyata Hp kedua pelaku sudah tidak aktif.

Selanjutnya keesokan harinya barulah ditemukan mobil truk milik korban yang dibawa kedua pelaku di tinggalkan di rumah makan Restu Ilahi Daerah Meranjat Kabupaten Ogan Ilir. “Pelaku kita tangkap berawal dari adanya laporan korban Suseno yang melapor ke Polresta Palembang,” Ungkap Kasat Reskrim Kompol Yon Edi Winara, didampingi Wakasat Reskrim AKP Ginanjar Aliya Sukaman, Kamis (16/5).

- BACA JUGA  Diduga Mencuri, Seorang Pemulung Ditangkap Security

Dikatakan Yon, kedua pelaku kabur membawa uang hasil penjualan beras tidak membawa mobil truk operasional milik korban. “Mobil truk korban yang digunakan untuk mengangkut beras, ditinggalkan oleh kedua pelaku di salah satu rumah makan di kawasan Meranjat Kabupaten OKI,” bebernya.

Namun, setelah keberadaan salah satu pelaku berhasil diketahui yang berada di provinsi Jatim, lanjut Yon, saat itu tim unit Pidsus Polresta Palembang, langsung terjun untuk melakukan penangkapan.

“Pelaku diringkus tak jauh dari kediamannya. Sedangkan rekannya MS masih kita kejar. Atas ulahnya, Feri dikenakan pasal 372 KHUP, dengan ancaman kurungan penjara minimal 5 tahun,” tegasnya. (Cdr)