Beranda Pendidikan Mahasiswa UIN Raden Fatah Pamerkan Alat Peraga MTK

Mahasiswa UIN Raden Fatah Pamerkan Alat Peraga MTK

PALEMBANG– Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang memamerkan 94 alat peraga Matematika (MTK). Pameran tersebut dilakukan sebagai syarat dari Mata Kuliah (MK) MTK dengan jumlah 3 SKS.

Selain mengundang para guru, siswa SD hingga SMA sekota Palembang, pameran ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan siswa terhadap pelajaran MTK. Yang mana, selama ini pelajaran MTK yang paling menyebalkan, dikarenakan selain menghitung, siswa juga harus mencari rumus untuk mendapatkan hasil yang telah ditentukan.

“Ini merupakan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika dari angkatan 2016 dan 2017 yaitu semester 4 dan 6. Mereka harus membuat alat peraga MTK ini supaya siswa SD hingga SMA bisa tertarik dengan pelajaran MTK,” ujarnya Ketua Prodi Pendidikan Matematika, Hartatiana disela kegiatan pameran dan presentasi alat peraga MTK, di Gedung Academic Center UIN RF Palembang, Selasa (16/4).

Dikatakannya, 1 alat peraga dibuat oleh 2 mahasiswa dengan tema “Fun With Macth” atau asik bersama MTK. “Sebenarnya kegiatan ini untuk mengapresiasi hasil karya mereka (mahasiswa, red), karena mereka membuat hasil akhir yaitu berupa alat peraga dan juga memberikan edukasi kepada adik-adik SD hingga SMA,” tuturnya lagi.

- BACA JUGA  Raih Berbagai Prestasi, Profil SMAN Sumsel Dimuat Dalam Buku Profil SMA

Melalui kegiatan ini, dirinya bermaksud untuk mengedukasi khususnya guru dan bagi calon guru. Sehingga konsep pelajaran MTK bisa dijembati dengan alat peraga. “Jadi alat peraga ini dilomba dengan kategori SD hingga SMA, jadi para mahasiswa juga lebih semangat,” jelasnya.

Sebelumnya, alat peraga tersebut telah dipraktekan diberbagai sekolah mulai dari SD hingga SMA sekota Palembang.

Sementara itu, salah satu peserta pameran dan presentasi alat peraga, Satiti Handayani dan Shanty April Lianti mahasiswa semester 6 mengatakan, dirinya membuat alat peraga yaitu ASTERI yaitu pembuktian luas, tembereng dan juring.

Asteri adalah sebuah alat peraga yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai pemahaman rumus dalam lingkaran. “Dan juga untuk memberikan informasi mengenai bagian-bagian yang terdapat dalam lingkaran, dimana lingkaran tersebut dinamakan bianglala,” jelas Satiti.

Dijelaskannya, untuk mencari rumus tersebut, ialah dengan cara pertama mencari rumus luas lingkaran menggunakan rumuas ruas jajar genjang (a × t), dengan cara memotong 8 bagian dari bianglala yang sudah disiapkan, lalu pindahkan setengah bagian dari bianglala tersebut ketempat yang sudah disesuaikan, dan bentuk dengan bangun jajar genjang, kemudian buktikan bahwa rumus luas lingkaran sama dengan ruas rumus jajar genjang.

- BACA JUGA  10 Siswa SMAN 17 Palembang Dikukuhkan Sebagai Siswa Anti Narkoba

“Kedua, mecari luas tembereng dengan menggunakan sudut-sudut yang ada dalam bianglala. Dan terakhir mencari luas juring dengan menggunakan 1/8 bagian dari bianglala yang sudah dipotong,” bebernya.

Pembuatan alat peraga ini, lanjutnya selama kurang lebih 1 bulan. Dengan biaya kurang dari 200 ribu.

“Iya ada dibantu juga sama teman-teman lain, seperti pemotongan kayunya. Biayanya kurang dari 200 ribu. Kita berharap khususnya bagi anak SD dengan alat peraga ini bisa memotivasi mereka untuk belajar dan menyukai pelajaran MTK,” tutupnya. (Elsa)

Caption : salah satu peserta pameran dan presentasi alat peraga, Satiti Handayani dan Shanty April Lianti mahasiswa semester 6 saat mempraktekan mencari rumus asteri.