Beranda Sumsel Muba Pola Kemitraan, Wisata Hutan Bukit Pendape Bakal Terwujud

Pola Kemitraan, Wisata Hutan Bukit Pendape Bakal Terwujud

 

SEKAYU– Kegigihan para Pemuda Desa Keramat Jaya Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang mengusahakan agar bukit Pendape yang berada di hutan kawasan menjadi objek wisata hutan Pendape Lestasi bakal segera terwujud.

Harapan akan terwujudnya wisata hutan Bukit Pendape terungkap saat mentor pemuda Desa Keramat Jaya, Eki Karnando dibawah binaan Lembaga Gerakan Masyarakat Peduli Lingkungan dan Hutan (Legmas Pelhut) Kabupaten Muba melakukan rapat pembahasan kemitraan dengan UPTD KPH Wilayah XII Benakat dan pihak PT Musi Hutan Persada (MHP).

“Rapat kemitraan dilakukan kemarin, di kantor UPTD KPH Wilayah XII Benakat di Pendopo Kabupaten Pali, kemudian kami secara bersama melakukan pendakian Bukit Pendape Dusun Jebang Desa Keramat Jaya” Ujar Eki Karnando dibincangi, Rabu (16/01).

Ka UPTD KPH Wilayah XII Benakat Neneng Heli Leliana SHut MT mendukung apa yang sudah dan akan dilakukan oleh Pemuda Keramat Jaya yang dimentori oleh Eki.

“Selain menjadi destinasi wisata, kawasan Hutan di sekitar Bukit Pendape akan kita rehabilitasi, dilakukan penjagaan dan pengawasan dengan pola kemitraan KPH, PT MHP dan Legmas Pelhut yang melibatkan masyarakat setempat seperti para pemuda ini yang peduli akan keberadaan hutan” Ujar Neneng.

Neneng berpesan kepada masyarakat setempat untuk selalu menjaga hutan agar tetap lestari, dan juga lingkungan sekitar hutan khususnya di daerah bukit Pendape.

“Kita tidak ingin adanya lagi perusakan hutan dan tidak kalah penting itu menjaga kebersihan khususnya sampah plastik di Bukit Pendape ini” Imbuh Neneng.

Hampir senada, Manager Pengamanan Wilayah 2 Benakat PT MHP Muhammad Yasin memberikan apresiasi kepada pemuda setempat yang dibina Legmas Pehut Muba sudah peduli terhadap hutan dan merencanakan bukit Pendape sebagai icon wisata hutan di Muba.

“Kami menyambut baik apa yang sudah dilakukan para Pemuda Keramat Jaya, hal ini akan saya laporkan sebagai bahan pembahasan ke pihak manajemen MHP. Semoga harapan masyarakat Keramat Jaya akan segera terwujud” ujarnya.

Ketua Legmas Pelhut Muba Suharto mengucapkan terimakasih kepada pihak UPTD KPH Wilayah XII Benakat dan PT MHP yang sudah memberi kesempatan kepada pihaknya untuk mewujudkan keinginan masyarakat Desa Keramat Jaya.

“Ini merupakan langkah awal untuk mewujud harapan kita menjadikan Bukit Pendape sebagai objek wisata hutan di Muba. Untuk itu saya berharap kepada semua pihak untuk dapat mendukung langkah yang telah kami lakukan ini” harapnya.

Disela pendakian Bukit Pendape, rombongan memeriksa secara langsung fisik bukit, melakukan penanaman bibit pohon di atas bukit dan persiapan kunjungan Wakil Bupati Muba Beni Hernedi tanggal 25 Januari 2020 akan datang.

Indonesia ada puncak Bogor, Sumatera Selatan ada Gunung Dempo Pagar Alam dan di Muba sendiri ada Bukit Pendape yang konon katanya merupakan bukit tertinggi di Muba. (Joel)