Beranda Peristiwa Demonstrasi Ratusan Pedagang Desak Gubernur Pecat Direktur JSC

Ratusan Pedagang Desak Gubernur Pecat Direktur JSC

 

PALEMBANG,– Ratusan pedagang kecil yang biasa berjualan di dalam kawasan Gor Jakabaring Sport City (JSC) yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pedagang Jakabaring Sport City (FKPJSC), Rabu (16/1) pagi sekitar pukul 08.00 WIB, menggelar aksi unjuk rasa di depan wisma atlet JSC.

Dalam aksi tersebut, para pedagang mendesak Gubernur Sumsel, H Herman Deru untuk memecat direktur PT JSC dan jajarannya, karena dianggap tidak memperhatikan nasib pedagang kecil di Gor Jakabaring.

Dimana pihak PT JSC telah menerapkan portal masuk ke kawasan JSC dengan tarif karcis yang dinilai mencekik leher para pedagang kecil dan masyarakat umum.

“Kami pedagang kecil jelas sangat keberatan dengan adanya kebijakan tersebut, kami tidak sanggup bayar. Bukan cuma itu, penghasilan kami juga turun drastis karena pengunjung sepi semenjak diberlakukan tarif masuk tersebut,” ujar Amiruddin, selaku koordinator lapangan.

- BACA JUGA  Terkait Pengumuman Panwaslu, LSM P2M Gelar Aksi Demo

Untuk itu, pihaknya meminta kepada Gubernur Sumsel, agar memperhatikan dan peduli dengan nasib pedagang tradisional di kawasan JSC. “Kiranya bapak gubernur dapat peduli dengan nasib kami pedagang kecil yang selalu ditindas pihak PT JSC. Selain itu juga, pihak JSC berupaya memasukkan mobil Alfamart di dalam Gor JSC. Kalau benar-benar ada, jelas akan mematikan usaha pedagang kecil seperti kami ini,” ungkapnya.

Di lokasi yang sama, salah satu pedagang di kawasan JSC, Dian (38) mengaku, resah dengan berbagai permasalahan yang dimunculkan oleh pihak PT JSC tersebut. “Salah satu contohnya di kawasan olahraga Sky Air, pedagang yang sudah lama berjualan di sana diusir dan disuruh pindah ke tempat sepi. Sementara di lokasi tersebut, didirikan tempat berjualan permanen dengan menyulap countainer jadi tempat food court modern,” bebernya.

- BACA JUGA  Ratusan Sopir Taxi Online Tuntut Taxi Gelap Dibubarkan

Masih dikatakan Dian, sebelumnya juga Gubernur Sumsel pernah datang langsung mengecek lokasi JSC. Sejak itu, keadaan sudah berubah dan aktivitas pedagang di kawasan JSC kembali normal.

“Waktu itu bapak gubernur mengatakan, kalau para pedagang Gor Jakabaring harus bebas berusaha tanpa ada gangguan dan tidak ada pengusiran oleh pihak PT JSC. Tapi rupanya keadaan itu hanya sementara, kami kembali dibuat resah oleh ulah pengelola PT JSC dengan memasukan mobil Alfamart,” jelas Dian, yang berharap Gubernur kembali memperhatikan nasib para pedagang kecil JSC.

Usai menggelar aksi unjuk rasa di kawasan JSC, ratusan massa FKPJSC melanjutkan aksinya ke Kantor Pemprov Sumsel. (Cdr)