Beranda Ruang Sidang Asusila Terbukti Cabuli Anak Bawah Umur, Oknum PNS Divonis 6Tahun

Terbukti Cabuli Anak Bawah Umur, Oknum PNS Divonis 6Tahun

 

PALEMBANG  —  Karena terbukti dipersidangan telah melakukan aksi pencabulan terhadap seorang anak dibawah umur, Seorang oknum Pegawai Negeri Sipil bernama Piar Merdiansya (34) warga Angkatan 66 divonis 6 Tahun dan denda Rp 60 juta oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Palembang.

Terdakwa yang berstatus PNS aktif telah terbukti melakukan pencabulan anak dibawah umur dimana korban yang saat itu masih berumur 16 tahun dan masih berstatus pelajar disalah satu SMA yang ada dikota palembang.

Menurut majelis hakim bahwa terdakwa secara sah melakukan tipu muslihat terhadap anak dibawah umur untuk melakukan hubungan suami isteri. Hal tersebut sebagaimana diatur dan diancam pasal 81(2) UU.No.35 Tahun 2014 tetang perlindungan anak.

- BACA JUGA  Divonis 4 Tahun, Umar Usman Ucap Alhamdullilah

Dari fakta fakta yang terungkap dipersidangan dan bukti yang dikaitkan dengan peristiwa pencabulan ada kesesuaian perbuatan pidana yang dilakukan terdakwa.

Berdasarkan fakta fakta tersebut bahwa unsur unsur dakwaan pasal 81(1) UU No 23 tahun 2002 sebagaimana diubah UU No 35/2014 tentang perlindungan anak.

“Karena unsur unsur pasal yang didakwakan tersebut maka kami berkeyakinan terdakwa bersalah melakukan pencabulan anak dibawa umur dengan pidana penjarah selama 6 tahun dan denda 60 juta rupiah subsider 3 bulan penjara”terang majelis hakim yang diketuai Mimi SH Selasa (16/1).

- BACA JUGA  Bandar Sabu dan Inek Dituntut 15 Tahun Penjara

Dari vonis tersebut, ketua majelis memberikan kesempatan kepada terdakwa yang didampingi penasehat hukumnya untuk menyatakan sikap menerima atau menolak. ” kami berikan waktu selama satu minggu untuk mengambil keputusan, menerima atau menolak hasil sidang” pungkasnya. (Rah)