Beranda Sumsel Muratara Bupati MURATARA Ajak Warga Terapkan Pola Hidup Sehat

Bupati MURATARA Ajak Warga Terapkan Pola Hidup Sehat

img_20161115_102907
Bupati Kabupaten MURATARA, H M Syarif Hidayat/Fatima.

Muratara – Bupati Kabupaten Musi Rawas Utara (MURATARA) H M Syarif Hidayat menyampaikan bahwa pemerintah sangat peduli dan memperhatikan masyarakat yang terkendala dalam hal pengobatan penyakit. “Kesehatan sudah menjadi kebutuhan kita bersama, baik pemerintah pusat, daerah, provinsi dan Pemkab MURATARA telah menganggarkan dana yang cukup besar di bidang kesehatan,” katanya ketika menghadiri kegiatan Bakti sosial MURATARA sehat di RSUD Rupit, Senin (14/11).

Selain menjadi visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten MURATARA untuk mensukseskan kesehatan yang berkualitas maka anggarannya disesuaikan. “Rumah sakit akan kita bangun dan kesejahteraan para tenaga medis kita tingkatkan,” janjinya.

Lebih lanjut, Syarif melarang masyarakat membangun tangga menuju ke sungai karena hal itu tidak mendukung sanitasi yang baik. “Saya minta terus sampaikan kepada warga bagaimana pola hidup sehat dan bersih, sehingga timbul kesadaran dari dalam diri sendiri,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam upaya mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat harus ekstra sabar dan berkesinambungan, karena terkait dengan kebiasaan mereka. “Hindari konsumsi air sungai atau air rawa, karena belum tentu sehat, malah bisa menjadi sumber berbagai penyakit. Jangan ada lagi yang membuang air besar sembarangan dan upayakan di setiap rumah sudah memiliki sumur dan toilet. Sekarang sungai kita sudah tercemar oleh aktivitas pertambangan, untuk itu ke depan kita usahakan air yang bersih,” paparnya.‎

Menurut dia, sanitasi yang buruk akan menurunkan kualitas kesehatan karena bisa menjadi sumber penyakit. “Sosialisasikan bahaya perilaku hidup tidak sehat, di samping penyediaan sarana pendukung. Penyuluh kesehatan harus mampu memberikan pemahaman kepada warga tentang pentingnya sanitasi,” pungkasnya. (Ima)