Beranda Sumsel Muara Enim Bawaslu Muara Enim Tertibkan APK

Bawaslu Muara Enim Tertibkan APK

MUARA ENIM — Bawaslu Muara Enim menertibkan sejumlah Alat Peraga Kampenye (APK) yang masih terpasang di masa tenang Pemilu 2019. Penertiban ini dibantu oleh personil Satpol PP dan Polri, Minggu (14/3/2019) di beberapa titik yang ada di kabupaten Muara Enim.

Pantauan media ini, kegiatan penertiban itu dilakukan pukul 09.00 wib. Tim terbagi menjadi beberapa kelompok yang terdri dari anggota Bawaslu, Panwascam, PPL serta dibantu personil Satpol PP dan Polri.

Ratusan APK berbagai ukuran ditertibkan, baik yang berada di pinggir jalan maupun di rumah warga. Bahkan, APK yang terpasang di rumah calon legislatif (caleg) pun turut ditertibkan petugas.

- BACA JUGA  Bupati Muara Enim Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Ramadniya Musi 2017

Sebagian warga tak keberatan APK yang terpasang di rumahnya ditertibkan petugas. Beberapa warga lain memilih untuk melepaskan sendiri APK di rumahnya.

“Bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Sayang kalau dirusak,” ujar Andri (38) salah satu warga.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Muara Enim Suprayitno mengatakan, pada masa tenang semua jalan dan rumah warga harus bersih dari APK peserta pemilu. Penertiban ini, katanya, melibatkan semua pihak baik Pemda, KPU, Sat Pol PP dan Polri.

“Penertiban APK ini dilakukan serentak di seluruh wilayah Kabupaten Muaraenim. Kita hanya menyisir wilayah kota, untuk daerah-daerah dilakukan oleh Panwascam bekerjasama dengan pemerintah kecamatan dan PPK,” ujar ketua Bawaslu MuaraEnim Suprayitno.

- BACA JUGA  219 Siswa Rebutkan Empat Kouta Bidiksitel PT TEL PP

Lanjut Yitno pihaknya mengapresiasi warga yang senang hati melepaskan APK yang berada di rumahnya. Pada saat penertiban, ujar Yitno, petugas sempat bersitegang dengan caleg karena memasang APK di rumah.

“Alasan mereka (caleg, red) rumah mereka adalah posko. Namun setelah dijelaskan kalau tidak ada istilah posko caleg dan APK hanya boleh dipasang di Sekretariat Parpol, mereka akhirnya memaklumi dan bersedia APKnya ditertibkan,” papar Yitno.

“Beberapa caleg memilih melapaskan sendiri APK di rumahnya. Kita beri limit waktu sampai sore ini, kalau APKnya tidak ditertibkan maka kita turunkan paksa,” imbuhnya.(Nda)