Beranda Sumsel Muratara Kamis Ini, Dewan Muratara Bahas APBD 2017

Kamis Ini, Dewan Muratara Bahas APBD 2017

img_20161114_171200
Anggota Komisi II DPRD Kabupaten MURATARA saat melakukan Kunker ke DPRD Bengkulu Utara.

Bengkulu – Direncanakan Kamis (17/11), pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) APBD Kabupaten Musi Rawas Utara (MURATARA) tahun anggaran 2017 mulai bergulir. Demi akselerasi dan efektivitas anggaran serta menampung aspirasi masyarakat, perlu dilakukan formula yang jitu. “Oleh karena itulah, sebagai kabupaten bungsu di Sumatera Selatan yang baru berumur tiga tahun, kami ingin melihat sistem budgeting yang diterapkan di Kabupaten Bengkulu Utara (BU). Harapan kami anggaran yang dialokasikan benar-benar efektif dari aspirasi masyarakat, dan kami pun yakin di Kabupaten Bengkulu Utara ada formulanya,” ungkap anggota Komisi II DPRD Kabupaten MURATARA, M. Ruslan, mewakili rombongan saat melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke DPRD Bengkulu Utara, Senin (14/11), yang disambut langsung oleh Wakil Ketua I DPRD Bengkulu Utara, Bambang Irawan.

Politisi Demokrat ini juga menyampaikan, setelah pihaknya mempertanyakan soal sistem penganggaran, apakah digodok pada saat pra KUA PPAS atau pada saat posisi sudah berada di Badan Anggaran (Banggar). Ternyata rahasianya ada dalam pokok-pokok pikiran atau dengan kata lain sebelum KUA PPAS. “Sesuai dengan amanah Undang-Undang, penggodokan efektivitas anggaran dilakukan sebelum KUA PPAS atau masuk dalam pokok-pokok pikiran yang disampaikan oleh pihak eksekutif,” bebernya.

Dengan demikian, lanjut Ruslan, pola seperti itu bisa menjadi masukan bagi pihaknya, untuk diterapkan di Kabupaten Bengkulu Utara, sehingga aspirasi masyarakat dari kegiatan Musrenbang dan reses yang dilakukan pihaknya tidak melenceng dari garis besar RPJMD Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten MURATARA. “Dengan formula dari DPRD Kabupaten Bengkulu Utara, dapat menjadi pertimbangan kita dalam efektivitas anggaran. Target pengesahan APBD Kabupaten MURATARA tahun anggaran 2017 dapat diwujudkan tanggal 30 November nanti,” pungkasnya. (Red)