Beranda Hukum Penyelesaian Sengketa Lahan PTPN Cinta Manis Memasuki Babak Baru

Penyelesaian Sengketa Lahan PTPN Cinta Manis Memasuki Babak Baru

OGAN ILIR– Keluarnya Surat Keputusan Gubernur SumSel Nomor 191/KPTS/DHPL/2019 Memberi harapan baru bagi masyarakat desa Betung dan desa Seri Bandung Kabupaten Ogan Ilir.

Betapa tidak, dalam Surat tersebut, Gubernur Sumsel H Herman Deru membentuk tim penyelesaian sengketa lahan masyarakat di kedua desa tersebut dengan pihak PTPN VII unit usaha Cinta Manis.

Penantian panjang lebih kurang delapan tahun agar masalah sengketa ini bisa diselesaikan akhirnya memasuki babak baru dimana pemerintah Provinsi Sumatera Selatan hadir langsung mengakomodir masalah ini.

Terbitnya surat keputusan ini mendapat tanggapan positif dari politisi PAN yang juga anggota DPRD Provinsi SumSel Rusdi Tahar. Ketika ditemui dikantornya, Tahar mengapresiasi apa yang telah dilakukan Gubenur Sumsel tersebut.

- BACA JUGA  Dodi Dijuluki Gubernur Petani Karet

“Alhamdullilah dengan adanya surat keputusan titik terang penyelesaian konflik lahan semakin terbuka lebar. Sebagai putra daerah Ogan Ilir saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas atensi dan langkah konkrit bapak Herman Deru merespon harapan masyarakat terkait masalah sengketa ini” ungkap Tahar.

Untuk sampai ketitik ini, lanjut Tahar, bukanlah hal mudah, berbagai upaya sudah dilakukan agar sengketa ini bisa diselesaikan. Ditahun 2012 saya bersama berbagai elemen,ormas dan masyarakat desa sempat melakukan aksi di gedung DPRD kabupaten Ogan Ilir, melakukan aksi di markas Kepolisian Daerah SumSel.

“Bahkan aksi yang cukup ekstrim adalah aksi jalan kaki dari kota Palembang menuju ibu kota negara untuk melaporkan masalah ini kepada presiden “tuturnya.

- BACA JUGA  Kapolda Bakal Proses Kasus Dugaan Penganiayaan Yang Dilakukan Pamen Mabes

Tahar berharap, Semoga tim penyelesaian sengketa yang telah terbentuk ini dapat bekerja secara maksimal dan profesional sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Mengingat ini adalah komitmen Pak Herman Deru ketika beliau kampanye sewaktu pilgub tahun lalu.

“Komitmen beliau dihadapan masyarakat desa Seri Bandung untuk menyelesaikan masalah sengketa lahan masyarakat dengan pihak PTPN VII unit Cinta Manis,”tegasnya.

Politisi yang juga aktivis ini berharap semoga surat keputusan ini bisa menjadi pintu masuk penyelesaian sengketa lahan 23 desa yang memiliki masalah serupa. Dan semoga masyarakat dapat menerima keadilan dan hak sebagaimana mestinya,”tutupnya.(Rino)