Beranda DEPAG SUMSEL Kanwil KEMENAG SUMSEL Kemenag Sumsel Miliki Studio Mini Layanan Publik

Kemenag Sumsel Miliki Studio Mini Layanan Publik

 

PALEMBANG,   —   Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kini memiliki Studio Mini layanan publik. Studio tersebut digunakan untuk siaran langsung program Talk Show layanan publik, atau ngobrol santai dengan Kemenag terkait layanan publik.

Talkshow tersebut merupakan program inovasi layanan publik dalam rangka mendukung Keterbukaan Infromasi Publik mengenai kebijakan, program Kemenag terhadap masyarakat.

Talk show perdana telah disiarkan secara langsung melalui situs web Kanwil Kemenag Sumsel dan akun media social facebook Kemenag Sumsel.

Sebagai Narsumber perdana yakni Penyelenggara Bimas Buddha Kanwil Kemenag Sumsel, Yayuk Sri Rahayu, yang membahas mengenai perayaan Cap Go Meh dan Kerukunan serta Toleransi Umat beragama di Sumsel sedangkan narasumber ke dua yaitu Kabag TU, Abadil, yang menyampaikan hasil rakernas serta Sadar Akurasi Data Kemenag.

Kepala Kawil Kemenag Sumsel, Alfajri Zabidi, mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan layanan yang ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama oleh Kakankemenag Kab/Kota se Sumsel yang disaksikan oleh Ombudsman Sumsel serta Komisi Informasi Sumsel pada 7 Januari lalu.

Menurutnya, peningkatan kualitas layanan termasuk Keterbukaan Informasi Publik terus ditingkatkan salah satunya melalui Talk Show. Dimana masyarakat dapat melihat, mengetahui dan memahami mengenai program ,kebijakan, kinerja Kementerian Agama Prov. Sumsel.

“Ini upaya kita mendukung Keterbukaan Informasi Publik, dan salah satu komitmen bersama jajaran Kemenag dalam meningkatkan layanan kepada publik,” ujarnya, Kamis (14/2).

Sementara itu, Kasubbag Inmas Kanwil Kemenag Sumsel, Saefudin, menjelaskan, terkait talkshow yang dilaksanakan tersebut,  Kemenag menginginkan adanya peran serta masyarakat dalam kebijakan, program yang disampaikan melalui siaran langsung. Dialog interaktif memungkinkan masyarakat untuk bertanya mengenai program layanan Kementerian Agama.

“Sejauh ini masih kita siarkan langsung melalui facebook Kemenag Sumsel, website dan youtube. Kita berharap ini mendapat apresiasi dari masyarakat sebagai komitmen kita untuk meningkatkan

layanan, sehingga masyarakat jadi lebih mengetahui Kemenag melalui siaran langsung tersebut,” terang Saefudin.

Menurutnya, dengan adanya studio mini tersebut dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelayanan publik Kemenag. Serta memberikan informasi dan penjelasan tidak hanya masyarakat tetapi juga di lingkungan Kemenag sendiri terutama yang berkaitan dengan regulasi seperti pendidikan, keagamaan, haji, nikah dan isu-isu terkini lainnya.

“Kita berharap nantinya program ini dapat lebih sukses, dengan menghadirkan para narasumber yang kompeten dibidangnya, sehingga masyarakat lebih memahami program program Kementerian Agama.(Dee).