Beranda Ruang Sidang Mimi Haryani : Vonis Putusan Narkoba Sudah Sesuai Prosedur

Mimi Haryani : Vonis Putusan Narkoba Sudah Sesuai Prosedur

 

LUBUK LINGGAU– Terkait vonis kasus sidang narkoba di Pengadilan Negeri (PN) Lubuklinggau yang sejak beberapa waktu terakhir terkesan lebih rendah dari tuntutan yang dilakukan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Pihak PN Lubuk Linggau angkat bicara.
Ketua Pengadilan Negeri Lubuklinggau, Mimi Haryani saat ditemui sejumlah wartawan Jumat (13/9) mengaku jika pengambilan vonis putusan narkoba selama ini sudah sesuai dengan prosedur.

” Vonis yang kita ambil dalam sidang kasus narkoba, itu sudah sesuai dengan prosedur yang ada. Tidak ada kepentingan disana. Pengadilan ini lembaga yang berdiri di atas keadilan” ungkap Mimi pada wartawan.
Dikatakan Mimi, dalam memutus sidang, para hakim memutus perkara sesuai dengan fakta persidangan. Bukan di luar persidangan. “Jadi bila ada alat bukti, silahkan munculkan dipersidangan, sehingga bisa jadi fakta persidangan,” Kata Mimi.
Menurutnya, jika ada di luar persidangan pengadilan tidak bisa memutusnya. Walaupun banyak dugaan -dugaan dari masyarakat. Karena dalam putusan itu ada analisa fakta persidangan.

- BACA JUGA  Dihukum 8 Bulan, Indah Ucapkan Syukur

“Kalau tidak terungkap di persidangan namanya tidak adil dengan orang. Tidak ada istilah vonis ringan, yang ada sesuai dengan fakta persidangan,” ujar Mimi.

Saat ini PN Lubuklinggau sudah menerapkan sistem one day upload ketika putusan selesai langsung langsung di upload oleh petugas, jadi hari itu putusan langsung bisa dilihat di internet.

“Jadi ketika ada anggapan masyarakat, pengadilan itu tidak transparan itu tidak benar, karena semuanya sudah transparan. Dan perlu diketahui kalau pengadilan ini merupakan yang paling transparan diantara para penegak hukum lainnya,” ungkap Mimi.

- BACA JUGA  Kepepet uang, Rendy Terancam Hukuman Mati

Karena semua aktivitas yang dilakukan pengadilan masyarakat bisa mengakses, baik itu masalah perdata, pidana, permohonan, keberatan dan pengumuman-pengumuman. (red/ts)