Beranda Pendidikan Hari Ini Peserta SBMPTN Mengikuti Tes UTBK

Hari Ini Peserta SBMPTN Mengikuti Tes UTBK

Para peserta SBMPTN saat mengikuti tes UTBK

PALEMBANG – Seluruh peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) serentak, hari ini, Sabtu (13/04) melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Pelaksanaan UTBK dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah lembaga yang dibawah naungan Kemeristek Dikti, yang kini merupakan satu-satunya lembaga yang menyelenggarakan tes perguruan tinggi terstandar Indonesia.

Sementara ini Universitas Sriwijaya (Unsri) sedang melaksanakan UTBK sesi pertama dengan jumlah sebanyak 1.855 peserta.

“Tadi kita suda mulai sesi pertama tepat pukul 07.30-11.45 WIB. Kemudian sesi kedua akan dimulai pukul 13.30. Tadi kami sudah memantau bersama koordinator alhamdulillah semua lancar dan semua pengawasa lengkap,” kata Wakil ketua pusat UTBK PTN Unsri, Zulkifli Dahlan saat ditemui di ruang PPJJ Unsri.

Pelaksanaan UTBK ini dilaksanakan sebanyak 20 sesi dan selama 20 hari, yaitu setiap hari Sabtu dan Minggu. Dengan peserta 1.855 orang yang berada di 14 lokasi. 1 lokasi tes UTBK berada dalam kampus Unsri Bukit dengan 180 peserta, dan 13 lokasi lainnya berada disekitar kampus Unsri Bukit Besar.

- BACA JUGA  Meski Batal Nyaleg, Kepsek SMPN 3 Di Non Aktifkan

Lanjutnya, bagi peserta yang ikut tes UTBK diwajib kan hadir 1 jam sebelum ujian dimulai. Namun bagi peserta yang terlambat, pihaknya memberikan waktu yaitu maksimum 30 menit.

“Bagi peserta yang telat kita beri waktu 30 menit. Lewat dari 30 menit peserta tidak bisa ikut tes UTBK,” tegasnya.

Guna mengantisipasi adanya joki, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan. Yakni seluruh peserta UTBK tidak boleh membawa alat tulis dari luar, baik pena, pensil, handphone dan lainnya.

“Peserta boleh memakai alat tulis yang telah kita siapkan sebelumnya. Dan juga peserta harus membawa ijazah untuk verifikasi data,” terangnya lagi kepada sumatera deadline.

- BACA JUGA  2018, Sumsel Bakal Miliki Politeknik Energi Dan Pertambangan

Sementara itu, Wakil Rektor 1 Unsri, Zainuddin Nawawi mengatakan, di seluruh Indonesia hari ini serentak melaksanakan UTBK berdasarkan waktu setempat.

Ia juga mengatakan, untuk hasil UTBK, peserta bisa melihatnya 8 hari setelah tes UTBK. “Jadi yang menentukan lulus atau tidak nya bukan dari Unsri, tapi dari pusat langsung. Peserta akan hasil lulus UTBK melalui emial,” jelasnya.

Pihaknya juga, telah melakukan vidio telekonfren bersama Kemenristek Dikti, guna memastikan tidak ada kendala di Unsri.

“lhamdulillah semua lancar. Kita sudah antisipasi semua peralatan. Total seluruh peserta yang ikut UTBK 31.955 peserta,” tutup Zainuddin.

Ujian UTBK dimulai pada tanggal 13 April 2019 dan berakhir pada tanggal 26 Mei 2019. (Elsa)