Beranda Ekobis Kepala BI Perwakilan Sumsel Nilai Beroperasinya Pelabuhan TAA Berdampak Positif Terhadap Ekspor

Kepala BI Perwakilan Sumsel Nilai Beroperasinya Pelabuhan TAA Berdampak Positif Terhadap Ekspor

 

PALEMBANG,   —   Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Yunita Resmi Sari menilai, usai diresmikannya pelabuhan laut Tanjung Api-Api (TAA) di Kabupaten Banyuasin akan berdampak positif terhadap aktivitas ekspor di provinsi tersebut.

“Pengoperasian pelabuhan laut TAA ini sangat positif karena akan mendorong ekspor dan membagi beban dari pebuhan Bom Baru selama ini,” ucap Yunita saat diwawancarai, Rabu (13/3).

Yunita juga mengatakan, selama ini banyak potensi komoditi yang diekspor menggunakan jalan darat dikarenakan keterbatasan pelabuhan yang dimiliki Sumsel. “Jadi insya allah kedepannya dengan beroperasinya pelabuhan ini akan mendorong ekspor meskipun bertahap,” terangnya.

- BACA JUGA  Sistem Jemput Bola, Pedagang Pilih Jualan dengan Mobil

Selain itu, menurut Yunita, adanya pelabuhan ini akan memangkas biaya transportasi darat yang selama ini digunakan, dan ini sangat efisien

“Ini pasti akan berkembang terus sehingga dapat menampung kapal-kapal yang mengangkut kontainer dan itu akan sangat mendorong ekspor di Sumsel,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Agus Purnomo mengatakan, BUMN, BUMD dan pihak swasta lainnya berpeluang untuk mengelola pelabuhan tersebut.

“Selain oleh Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD dan pihak ketiga sangat terbuka dalam hal pengelolaan pelabuhan ini,” ucap Dirjen Perhubungan Laut, Agus Purnomo.

- BACA JUGA  Kanwil DJP Sumsel Lakukan Kesepakatan Dengan MUI

Agus mengakui, 15 tahun lalu pihaknya agak pesimis terhadap pengembangan pelabuhan TAA, namun Pemprov Sumsel sangat antusias agar dapat segera dioperasikan.

“Dalam 4 tahun terakhir, pemerintah berkonsentrasi penuh membangun infrastruktur, menyambungkan dan membuka daerah terisolir sehungga berdampak pada pertumbuhan ekonomi. Pengoperasian pelabuhan TAA ini juga momentum dan rencana strategis daerah dalam memicu pertumbuhan ekonomi,” pungkasnya.(Dee)