Beranda Berita Pemkot Tingkatkan potensi Ekonomi, Pemkot Palembang ajak Baznas, Bank Sumsel dan KNKS

Tingkatkan potensi Ekonomi, Pemkot Palembang ajak Baznas, Bank Sumsel dan KNKS

 

PALEMBANG – Dalam mengurangi kemiskinan yang ada di Kota Palembang, Pemerintah Kota Palembang bersama dengan Baznas Kota Palembang, Bank Sumsel-Babel dan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) menandatangani kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan tujuan meningkatkan potensi ekonomi syariah dalam ekonomi umat yang bersumber dari zakat.

Walikota Palembang, Harnojoyo usai penandatanganan MoU berharap Kota Palembang dapat menjadi contoh pengumpulan zakat. Ia mengungkapkan bahwa pembayaran zakat merupakan kewajiban untuk mensucikan jiwa dan harta.

“Potensi zakat dari ASN Kota Palembang sangat besar. Dengan jumlah 16.000 orang, kalau per orang berzakat Rp 200 ribu saja maka akan terkumpul kurang lebih Rp 30 miliar. Dengan uang sebanyak itu maka dapat menurunkan angka kemiskinan,” ulasnya di Rumah Dinas Walikota Palembang Jalan Tasik, Kamis (12/09).

- BACA JUGA  Faizal Arpani : Jika Datanya Sama, Tak Perlu Minta Surat Keterangan Lagi.

Lanjutnya, meski tidak dapat mengentaskan seluruhnya paling tidak mengurangi. Di Palembang angka kemiskinan dapat turun satu digit saja sudah cukup banyak.

“Ini momentum bagi kita mewujudkan bagaimana meningkatkan kewajiban membayar zakat. Kami dari pemerintah Kota Palembang terus mendukung program ini. Kami harapkan kepada Baznas untuk segera menindaklanjuti karena program ini betul membantu masyarakat kita yang miskin,” katanya

Sementara itu, Direktur Eksekutif KNKS, Ventje Rahardjo mengungkapkan, Palembang kota pertama konsep kerjasama seperti ini. Baik kerjasama dengan pemerintah kota, Baznas maupun Bank Sumsel-Babel.

- BACA JUGA  Lanal Palembang Angkut 16 Ton Sampah Dari Sungai Musi

“Kami memilih Kota Palembang sebagai pertama melaksanakan ini karena begitu kita tawarkan konsep ini langsung disambut hangat oleh Walikota,” ujarnya

Ia bersyukur, Walikota sangat mendukung agar segera dilaksanakan di Palembang. Sesuai program pemkot pembayaran zakat ASN melalui Baznas. Selanjutnya akan dialirkan ke rekening UPZ dimana tempat ASN itu tinggal. (yud)