Beranda Nasional Lampung Polres Way Kanan Dalami Dugaan Penyimpangan Dana BOS SDN 1 Tanjung Bulan

Polres Way Kanan Dalami Dugaan Penyimpangan Dana BOS SDN 1 Tanjung Bulan

WAY KANAN- Penyidik Kepolisian Resort (Polres) Way Kanan Lampung mendalami dugaan penyimpangan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) senilai Rp 320.000.000 di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tanjung Bulan Kecamatan Kasui kabupaten Way Kanan Lampung.

“Ini anggaran APBN tahun 2014 – 2015 dan 2016 kurang lebih Rp 320 juta,” Kapolres Way Kanan AKBP Yudi Chandra Erlianto Melalui Kanit Pitkor Ipda Doni SH saat di hubungi wartawan Sumateradeadline.com Kamis, (12/1).

Ipda Doni mengatakan, saat ini pihaknya sudah memanggil pihak-pihak terkait untuk dimintai keterangan seperti Anggota komite Sekolah dimana mereka kita mintai klarifikasi terkait adanya indikasi dugaan penyimpangan dana tersebut.

“Ketua Komite Sekolah Dasar Negeri 1 Tanjung Bulan kecamatan Kasui Yusdiansyah, wakil ketua komite sekolah Usdimansyah hari ini dimintai keterangan termasuk Lusi Suryadi sebagai bendahara Komite, semua yang terkait akan dimintai keterangan guna mengumpulkan data-data yang menunjang dugaan kasus tersebut.”Kata Doni.

- BACA JUGA  Akses Jalan Dua Kecamatan di Way Kanan, Rusak Berat

Dugaan penyimpangan tersebut terkait penerimaan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Bantuan Siswa Miskin (BSM) karna dinilai jumlah yang diterima murid, tidak sama melainkan berpariasi, ada murid yang terima Rp 450.000 ribu dan ada juga yang terima Rp 250.000 ribu belum lagi menengok kondisi gudang, ruang kelas, WC ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sangat memprihatinkan.

Terpisah Mantan Ketua Komite Sekolah Asadullah saat dihubungi wartawan sumateradeadline. Mengatakan, sudah berulang kali menyampaikan keluhan beberapa wali murid terkait penggunaan dana Bantuan Oprasi Sekolah (BOS) an Kartu KIP juga BSM kepada kepala sekolah Baihaki S.P. Namun sepertinya kepala sekolah tidak mendengarkan saran dan masukan dari komite sekolah, hingga timbul persoalan sekarang ini, bahkan diduga tanda tangan ketua komite dipalsukan.”terangnya.

- BACA JUGA  Polres Resort Way Kanan di Praperadilkan

Sebelumnya pada 28 Desember yang lalu pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Way Kanan Mursadi Muharam telah mengutus bawahanya dari Dinas Pendidikan untuk meninjau lokasi SDN 1 Desa Tanjung Bulan Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan Lampung, ditemukan kondisi sekolah yang memprihatinkan seperti Toilet, meja dan kursi tempat siswa/I belajar. ” Kondisi sekolah tersebut sangat memprihatinkan, bahkan untuk belajar mengajar saja siswa harus duduk berempat di satu meja” terang Yusdianysah ketua komite SDN 1 Tanjung bulan. (faisal)