Beranda Sumsel Muratara Bupati MURATARA: Jagalah Penyimpanan Dana Desa

Bupati MURATARA: Jagalah Penyimpanan Dana Desa

img_20161110_103740
Bupati MURATARA, HM. Syarif Hidayat saat memberikan sambutannya pada acara pelantikan Pjs. Kades di Kecamatan Rawas Ulu Kamis (10/11).

Musi Rawas Utara – Bupati Kabupaten Musi Rawas Utara (MURATARA) HM. Syarif Hidayat mengingatkan seluruh Kepala Desa (Kades) dalam wilayah MURATARA untuk meningkatkan kehati-hatian dalam mengelola dana desa.  Jangan sampai penggunaan dana itu menimbulkan permasalahan hukum.

Penegasan itu disampaikan Syarif dalam arahannya pada pelantikan Pjs. Kades di Kecamatan Rawas Ulu Kamis (10/11) kemarin. “Jaga penyimpanan dana desa, dan itu sudah diatur habis baik untuk pembangunan fisik dan non-fisik,” pesannya.

Dikatakannya, tugas Kades adalah menjaga rakyatnya, jangan sampai di desa terjadi hal-hal yang tak diinginkan, atau malah suasana di desa tidak kondusif. “Tercapainya kemajuan di desa itu bila didukung seluruh elemen. Untuk itu saya tekankan, jaga desa dengan sebaik-baiknya, rangkul PKK, Karang Taruna dan sebagainya,” tegasnya.

- BACA JUGA  Gubernur Sumsel Salurkan Bantuan Bencana ke Kabupaten Muratara

Syarif juga meminta kepada Camat untuk membina Kades PNS yang menjadi Pjs. sebelum digantikan Kades Definitif, agar nantinya tidak terjerat persoalan hukum. “Untuk itu, dari sekarang kita mewanti-wanti agar setiap Pjs. Kades ekstra hati-hati dalam mengelola dana desa. Namun, sepanjang mengacu pada aturan yang berlaku, tidak ada yang harus ditakutkan. PNS itu banyak aturan yang harus dipatuhi, saya tidak ingin rakyat di desa teraniaya,” katanya.

Menurutnya, pemerintah pusat telah mengucurkan anggaran cukup besar di desa, kemudian di tahun 2017 akan bertambah besar lagi, minimal Rp. 600 juta hingga Rp. 1 milyar. Setiap Kades boleh saja senang mendapatkan dana yang besar tersebut, namun jangan lalai membuat laporan pertanggungjawabannya. “Jangan biasakan menunda pencatatan penggunaan dana, agar tidak lupa dan malah menimbulkan penyimpangan. Lapor Camat jika bila ada masalah di desa‎. Ada Kapolsek, Danramil,‎ jadi Kades tidak berkerja sendiri, ada pihak keamanan,” terangnya.

- BACA JUGA  Pemkab Muratara Dapat Bantuan Armada Dari Kemensos RI

Lebih lanjut, Bupati mengatakan saat ini MURATARA sudah kondusif, kriminalitas telah jauh menurun, berkat kerja sama yang baik sehingga dapat mengendalikan situasi. “Sekali lagi saya tekankan, MURATARA sudah kondusif, dan ini harus dijaga,” tambahnya. (Ima)