Beranda Sumsel Muratara 165 PNS MURATARA Diajukan untuk Naik Pangkat

165 PNS MURATARA Diajukan untuk Naik Pangkat

img_20161011_182121Muratara – Sebanyak 165 Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas Utara (MURATARA) bakal naik pangkat pada April 2017. Hal itu disampaikan oleh PLH. (Pelaksana harian-red) Kepala BKPP, melalui Kabid ‎Kepangkatan dan Kesejahteraan Pegawai, Putut Setiadi. “165 PNS (Pegawai Negeri Sipil-red) dari golongan II, III, Hingga IV diusulkan untuk kenaikan golongan pada April 2017 ini. Dari 165 PNS tersebut, 118 orang golongan IIID ke bawah, sisanya golongan II dan IV,” ungkapnya, Selasa (11/10).

Lebih lanjut, per tanggal 5 Oktober 2016 jumlah PNS Kabupaten MURATARA adalah sebanyak 1886 orang, yang mengusulkan kenaikan pangkat pada periode Oktober tahun ini ada 188 orang. Akan tetapi, usulan tersebut masih dalam proses dan belum tentu disetujui semua, sebab ada saja yang belum memenuhi syarat. “Hasil yang disetujui akan diumumkan pada bulan Desember nanti,” katanya lagi.

Terkait penyebab belum mendapatkan persetujuan untuk kenaikan pangkatnya, kata Putut, hal itu biasanya terjadi lantaran berkas yang diusulkan dinilai masih ada yang kurang. “Untuk naik golongan ini syaratnya banyak, diantaranya SK (Surat Keputusan-red) terakhir, misalnya dari golongan II ke golongan III, SK terakhirnya yang dilihat, kemudian kalau dia ada ujian penyesuaian, ijazahnya dilampirkan pula. Misal dia fungsional, angka kreditnya berapa, kalau struktural jabatannya di mana saja dan daftar penilaian prestasi kerjanya bagus atau tidak,” paparnya.

Dijelaskannya, sistem kenaikan pangkat ada empat macam, yakni kenaikan pangkat reguler, kenaikan pangkat struktural, kenaikan pangkat fungsional, serta kenaikan pangkat penyesuaian ijazah.

Untuk kenaikan pangkat reguler dilakukan 4 tahun sekali, ‎ sedangkan kenaikan pangkat struktural sebenarnya sama tapi dilakukan penyesuaian jabatannya‎, kenaikan pangkat fungsional ditentukan tergantung Penilaian Angka Kredit (PAK), jika memenuhi syarat 2 tahun bisa naik pangkat. “Naik pangkat itu rutin, setiap tahunnya ada. Tetapi untuk orang yang berbeda dan tidak bisa diusulkan untuk orang yang sama dalam setahun,” jelasnya.

Ditambahkannya, ‎bagi yang memang seharusnya naik pangkat, agar diharapkan segera mengusulkan dan melengkapi persyaratan. (Fatima)