Beranda Advertorial Selaraskan Usulan Masyarakat Melalui Musrenbang Pemkab Muara Enim Gelar FPD

Selaraskan Usulan Masyarakat Melalui Musrenbang Pemkab Muara Enim Gelar FPD

 

MUARA ENIM,   —  Didalam menyelaraskan antara usulan masyarakat melalui hasil Musrenbang Kecamatan dan Desa/Kelurahan sebagai proses perencanaan bottom up, pokok pikiran Legislatif melalui laporan hasil reses DPRD Kabupaten Muara Enim, sebagai proses perencanaan politik, dan rencana program serta kegiatan yang diusulkan masing-masing Perangkat Daerah, dengan memperhatikan arah kebijakan dan prioritas pembangunan Kabupaten, Provinsi dan Nasional sebagai proses perencanaan top down, Pemkab Muara Enim menggelar Forum Perangkat Daerah (FGD), Senin (11/03) di Ruang Rapat Pangripta Bappeda Muara Enim.

Bupati Muara Enim Ir. H. Ahmad Yani, MM menyampaikan Output dari Forum Perangkat Daerah ini adalah Rancangan RKPD Tahun 2020, sebagai penyempurnaan dari Rancangan Awal RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2020 yang telah disusun sebagai proses perencanaan teknokratik.

“Didalam meyelaraskan usulan masyarakat melalui Musrenbang dengan tujuaan top – down atas nama Pemerintah Kabupaten Muara Enim, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Saudara Pimpinan, para Anggota DPRD Kabupaten Muara Enim, para Kepala Perangkat Daerah dan para Camat se-Kabupaten Muara Enim, serta pemangku kepentingan lainnya yang telah hadir dalam acara Forum Perangkat Daerah Kabupaten Muara Enim Tahun 2019 ini,”ujar A. Yani dalam sambutannya.

 

 

Lanjut A. Yani berdasarkan laporan yang mereka terima, bahwa dalam Musrenbang Kecamatan yang dilaksanakan pada Bulan Februari yang lalu, para Anggota Dewan telah banyak berperan aktif serta hadir dalam Musrenbang di Kecamatan sesuai dengan daerah pemilihan masing-masing.

“Hal ini menunjukkan dukungan dan kesungguhan kita untuk mewujudkan Muara Enim untuk rakyat, merakyat, yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera. Forum Perangkat Daerah ini, merupakan rangkaian proses Perencanaan Pembangunan Daerah sebagai implementasi dari amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan, Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah yang menjadi pedoman dalam penyusunan dan tahapan perencanaan serta pengendalian pembangunan setiap tahun anggaran,”lanjutnya.

- BACA JUGA  Pelajar Dihimbau Tak Lakukan Aksi Kelulusan Berlebihan

Masih kata A. Yani Forum Perangkat Daerah ini, dimaksudkan untuk menyelaraskan usulan dari arus bawah yang dikenali dengan Top-Down.

 

“Hal ini merupakan upaya kita untuk mewujudkan tujuan pembangunan yang telah kita sepakati bersama, sehingga program yang disusun benar-benar sesuai kebutuhan masyarakat. Untuk itu, saya berharap dalam proses perencanaan pembangunan yang telah dimulai dari Musrenbang Desa/Kelurahan dan Musrenbang Kecamatan, serta pada pelaksanaan Forum Perangkat Daerah yang dimulai pada hari ini, akan dibahas rencana program dan kegiatan yang benar-benar prioritas, sehingga output akhir perencanaan pembangunan tahunan berupa Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah, Kebijakan Umum APBD (KUA), Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS), dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020, semakin aspiratif dan akomodatif sebagaimana harapan seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim,” kata A. Yani.

Selanjutnya, untuk menyusun rencana pembangunan tahunan daerah atau Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2020 yang bersifat aspiratif, tentunya diperlukan koordinasi, konsultasi, dan sinkronisasi program dan kegiatan dari seluruh pemangku kepentingan (stakeholders). Wujud konsultasi, koordinasi, dan sinkronisasi dimaksud diantaranya dilakukan melalui Forum Perangkat Daerah seperti yang akan kita laksanakan hari ini hingga empat hari ke depan, sebagai bahan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Muara Enim Tahun 2019 yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat.

- BACA JUGA  Ratusan Fakir Miskin Terima Zakat BAZNAS

 

 

“Tahun 2020 adalah tahun kedua Pelaksanaan RPJMD Kabupaten Muara Enim tahun 2018-2023, dan sebagaimana diamanatkan dalam Permendagri Nomor 86 tahun 2017, tujuan dan sasaran pembangunan merupakan penjabaran dari tujuan dan sasaran pembangunan sebagaimana yang terdapat dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah. RKPD Tahun 2020 ini juga merupakan implementasi dalam mewujudkan Muara Enim untuk Rakyat (Merakyat), sesuai dengan Visi, “Muara Enim Untuk Rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat Dan
Sejahtera,”tegasnya.

Diakhir sambutannya A. Yani berharap penyusunan alokasi anggaran dalam program prioritas tahun 2020 dilakukan secara proporsional, sesuai ketersediaan anggaran serta dapat mencapai target yang telah tetapkan.

“Sebagaimana yang telah saya sampaikan, bahwa Forum Perangkat Daerah ini merupakan momen yang sangat penting dan strategis dalam upaya menyusun prioritas program dan kegiatan tahun 2020. Diharapkan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah dan Jajarannya, untuk dapat mengikuti dan membahas, serta mensinergikan program/kegiatan dengan baik terutama hasil musrenbang kecamatan, pokok pikiran DPRD, dan Renja Perangkat Daerah, sesuai tema dan prioritas pembangunan yang kita tetapkan, sehingga hasil rumusan rencana program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 nanti, benar-benar dapat menampung aspirasi dan kebutuhan masyarakat,”pungkasnya. (Nda)