Beranda Kriminal 35 Kilogram Sabu Dan Puluhan Ribu Butir Ekstasi Dimusnahkan

35 Kilogram Sabu Dan Puluhan Ribu Butir Ekstasi Dimusnahkan

PALEMBANG – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) memusnahkan barang bukti narkotika berupa 35 kg sabu dan 34 ribu pil ekstasi di kantor BNNP Selasa, (11/2) pagi sekitar pukul 09.30 Wib.

Proses pemusnahan dengan cara dicampurkan air menggunakan deterjen dan pil ekstasi diblender hingga hancur ini dipimpin langsung Kepala BNNP Sumsel dipimpin Brigjen Pol. Drs Jhon Turman Panjaitan.

Dalam keterangannya, Jhon Turman menjelaskan jika pemusnahan barang bukti narkoba ini merupakan hasil sitaan pihaknya ungkap kasus sebelumnya. Dimana Berdasarkan laporan masyarakat akan ada pengiriman narkotika melalui darat ke wilayah Sumsel dari Malaysia melalui kota Tembilahan Kabupaten Indra Giri Ilir Prov Riau.

Tim Berantas BNNP Sumsel langsung melakukan penyelidikan, bahwa narkotika tersebut telah bergerak memasuki wilayah Sumsel, maka pada hari selasa sekitar pukul 20.00, (10/12/19) tim Brantas BNNP Sumatra Selatan melakukan penyisiran terhadap kendaraan yang menuju kota Palembang.

Sekitar pukul 7.10 Wib, tepatnya di depan SPBU Kecamatan Betung tim Berantas BNNP Sumsel mengidentifikasi sebuah kendaraan yang ciri-cirinya seperti yang dilaporkan.

Setelah menyakini bahwa kendaraan tersebut yang diduga membawa narkotika maka tim melakukan penyergapan terhadap kendaraan tersebut di Jalan Betung Sekayu kemudian tim mengamankan dua penumpang kendaraan tersebut beserta barang bukti narkotika yang dibawanya.

Dari hasil pengembangan, kemudian tim Brantas BNNP Sumsel berhasil mengamankan 3 orang pelaku yang bernama Juni Muldianto, Riyanto, Juanda dan satu orang DPO yang bernama Acok.

Brigjen Pol. Drs Jhon Turman Panjaitan Mengatakan 36 bungkus besar narkotika jenis sabu, 20 bungkus narkotika jenis pil ekstasi dengan jumlah 34.500 butir yang berhasil diamankan. “Untuk ancaman sesuai pasal 114 dan 112 ayat 2 maksimal hukuman penjara seumur hidup,” ujarnya.

Ia menambahkan untuk jalur yang digunakan para tersangka memasuki sumsel yaitu dari jalur laut di bawa nya sampai kepulauan Riau lalu ke Timbilahan sampai ke darat dan langsung di bawa ke Sumatra Selatan.(Red/TS)