Beranda Sumsel Muratara Warga Embacang Baru Ikuti Sosialisasi Bumdes

Warga Embacang Baru Ikuti Sosialisasi Bumdes

Muratara – Warga Embacang Baru, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mengikuti sosialisasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Pjs. (Pejabat Sementara) Kepala Desa (Kades) Embacang Baru, Ali Akbar mengatakan bahwa tujuan sosialisasi Bumdes agar masyarakat mengetahui apa saja manfaat Bumdes tersebut. Soal kelompok Bumdes, Kades terpilih yang bakal membentuknya, karena dana untuk Bumdes tersebut telah dianggarkan pada Tahun 2017 mendatang. “Kita harapkan kepada Kades terpilih bersama BPD agar dapat membentuk kelompok Bumdes dengan orang yang benar-benar memahaminya,” katanya, Senin (10/10).

Lebih lanjut, anggaran Bumdes ini diambil dari Dana Desa (DD), yang berguna untuk mendorong laju perekonomian masyarakat di desa. “Setelah kelompok Bumdes dibentuk di desa, baru diajukan ke Kementerian Pusat,” ungkapnya.

Dikatakannya, Sosialisasi ini penting dilakukan kepada masyarakat, agar penggunaan Bumdes tersebut berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat. “Masyarakat di desa masing-masing harus membentuk kelompok usaha terlebih dahulu, apakah  rental komputer, foto copy, galon, peternakan, pertanian atau usaha-usaha lainnya,” imbuhnya lagi.

Sementara itu, Camat Karang Jaya, Gunadi mengatakan sesuai dengan Permendes Nomor 4 Tahun 2015 yaitu tentang pendirian, pengurusan dan pengelolaan, dan pembubaran Badan Usaha Milik Desa, Bumdes berfungsi untuk memperkuat pendapatan desa, selain itu juga harus mampu menjadi motor penggerak perekonomian desa untuk program tahun 2017, antara lain di bidang pertanian, peternakan dan keterampilan yang dikelola Pemerintah Desa dan masyarakat dengan cara inovatif dan kreatif. “Ini juga berguna untuk persiapan yang akan datang lebih baik dalam mendorong kehidupan perekonomian masyarakat. Dengan tujuan yaitu meningkatkan perekonomian pedesaan, pengelolaan potensi alam, PAD meningkat, sehingga mampu menjadi tulang punggung ekonomi masyarakat di pedesaan,” jelasnya.

Lebih Lanjut, dengan adanya Sosialisasi Bumdes ini, diharapkan desa akan mampu menjalankan kegiatan Bumdes secara sungguh-sungguh, profesional dan senantiasa berpedoman dengan peraturan yang berlaku. “Tentunya kita harapkan Kades yang terpilih nanti segera membentuk kelompok Bumdes, selain itu diharapkan masyarakatnya juga membuat struktur simpan pinjam, perdagangan dan keterampilan, pertanian dan peternakan di desanya,” tutupnya. (Fatima)